Kepala Polda DIY resmikan Kampung Kulo Siaga pantau bansos

Kepala Polda DIY resmikan Kampung Kulo Siaga pantau bansos

Kepala Polda DIY, Inspektur Jenderal Polisi Asep Suhendar, bersama Kepala Polres Kulonprogo, AKBP Tartono meresmikan Kampung Kulo Siaga, di Markas Polres Kulon Progo, Selasa (2/6/2020). ANTARA/ HO-Polri

Jakarta (ANTARA) - Kepala Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Inspektur Jenderal Polisi Asep Suhendar, bersama Kepala Polres Kulonprogo, AKBP Tartono meresmikan Kampung Kulo Siaga, di Markas Polres Kulon Progo, Selasa.

Melalui siaran pers yang diterima ANTARA, Tartoto mengatakan, Kampung Kulo Siaga (Kulonprogo Siap Amankan Warga) dibentuk untuk mendata dan mengawal kelancaran penyaluran bantuan sosial.

Kampung Kulo Siaga ini mengkoordinasikan berbagai data seperti data masyarakat pemudik, warga yang sedang isolasi, masyarakat miskin dan terdampak pandemi Covid-19 dalam rangka memberi, mengawasi dan mengawal penyaluran bansos untuk menghindari terjadinya penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

"Dengan adanya program Kampung Kulo Siaga ini, hal-hal seperti itu dapat diminimalisir sehingga sampai saat ini di wilayah Kulonprogo tidak terdapat permasalahan mengenai data penerima bantuan sosial pada masa pandemi Covid-19 ini," ujar Tartoto.

Baca juga: Penting, peningkatan pengawasan uang elektronik untuk bansos

Tartono mengatakan, situasi pandemi ini menuntut Polri hadir sesuai amanat Tribrata sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Oleh karena itu, Polres Kulonprogo membangun posko di masing-masing wilayah dalam mengawal aksi kemanusiaan.

Menurutnya, program seperti ini baru pertama dilakukan di wilayah Polda DIY.

"Polres Kulonprogo ini merupakan yang pertama membangun program seperti ini dan dikemas dengan pelaporan online bernama Menoreh Report System. Tujuannya untuk mempermudah melaporkan data pemudik, isolasi, pendistribusian bantuan dan data informasi perkembangan COVID-19 di wilayah Kulonprogo," tuturnya.

Baca juga: Polda Sumut selidiki lima daerah diduga selewengkan bansos COVID-19

Tartono mengatakan, Posko Kampung Kulo Siaga di masing-masing wilayah juga berperan mengontrol ketahanan pangan guna menjamin ketahanan pangan dan kelestarian ekologi di masa pandemi.

Ia berharap di masa normal baru, masyarakat juga menerapkan perilaku yang ramah lingkungan.

"Peduli atau ramah lingkungan harus terus diupayakan termasuk konsumsi pangan. Sangat penting mendorong perilaku dan gaya hidup manusia agar efisien dan ramah lingkungan dalam hal pangan," katanya.

Baca juga: Penyaluran BLT tahap dua di Kalteng libatkan Babinsa-Bhabinkamtibmas

Sejumlah pejabat yang turut hadir dalam acara tersebut diantaranya yakni Bupati Kulonprogo, Sutedja, Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo Akhid Nuryati, Komandan Kodim 0731/Kulonprogo , Letnan Kolonel Infantri Dodit Susanto, serta para pejabat utama Polda DIY.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar