BPIP gelar lomba-lomba bertemakan Pancasila rayakan Bulan Pancasila

BPIP gelar lomba-lomba bertemakan Pancasila rayakan Bulan Pancasila

Garuda Pancasila. ANTARA/Kementerian Komunikasi dan Informatika

Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sejumlah perlombaan bertemakan Pancasila dalam rangka merayakan Bulan Pancasila 2020 yang berlangsung 1 Juni hingga 18 Agustus 2020 mendatang.

“Lomba itu dilaksanakan berbasis virtual mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi COVID 19. Berbagai elemen masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa diharapkan ikut serta meskipun berada di rumah,” ujar Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa (02/06/2020).

Guru besar yang pernah menjabat rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta itu menambahkan, itu cara BPIP untuk mengarus-utamakan nilai-nilai Pancasila secara efektif.

Baca juga: BPIP gelar temu media pada Bulan Pancasila 2019

Ia berharap lomba itu dapat memberi pemahaman sejarah bangsa maupun keluhuran bangsa dari generasi ke generasi kepada pemuda-pemudi Indonesia sehingga mereka dapat memelihara jati diri bangsa ini hingga menuju Indonesia Maju.

"Karena itu, perlombaan lebih diprioritaskan kepada para pelajar, mahasiswa, anak muda, dan kaum milenial agar mereka tergerak untuk mendalami lebih lanjut, menjadikan Pancasila sebagai working ideology yang bisa dirasakan di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia," kata dia.

Adapun beberapa jenis kegiatan yang dilombakan adalah Lomba Orasi Hari Lahir Pancasila, Lomba Menulis Cerita Pendek, Lomba Orasi Biografi Soekarno, Lomba Pembuatan Film Pendek dan Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional dalam bentuk video.

Baca juga: Jangan pernah tinggalkan Pancasila

Semua jenis lomba itu mempunyai tema yang sama yaitu “ Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong menuju Indonesia Maju.”

Selain kegiatan lomba, dalam rangkaian Bulan Pancasila 2020 ini, BPIP akan memilih putra-putri terbaik bangsa sebanyak 75 orang untuk mendapatkan Apresiasi Prestasi Pancasila.

Pemberian penghargaan itu akan diumumkan pada saat peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang.

Semua jenis perlombaan tersebut pendaftarannya sudah dimulai sejak Senin kemarin (1/6).

Baca juga: Ketua MPR: Nilai-nilai Pancasila harus ada dalam tindakan nyata

Kepala BPIP mempersilakan kepada yang berminat mendaftar mengingat waktu pendaftarannya cukup lama.

"Rata-rata satu bulan. Ya, karena masih dalam rangkaian Bulan Pancasila,” kata dia.

Untuk Informasi lengkap terkait perlombaan dan apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020 tersebut dapat diakses melalui situs www.bpip.go.id atau dapat disimak di media sosial milik BPIP yaitu di akun Instagram: @pembinaanideologipancasila, akun twitter: @BPIPRI dan akun facebook: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Baca juga: Moeldoko: Media sosial sarana sosialisasi nilai-nilai Pancasila

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemeriahan hari kartini di balik jeruji besi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar