Terjadi penambahan empat konfirmasi positif COVID-19 di Papua Barat

Terjadi penambahan empat konfirmasi positif COVID-19 di Papua Barat

RSUD Provinsi Papua Barat di Manokwari. Di rumah sakit tersebut terdapat dua pasien positif dan satu ODP yang sedang menjalani karantina (Antara/Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat mengumumkan adanya penambahan empat konfirmasi positif virus corona jenis baru atau COVID-19 pada Selasa.

"Hari ini ada tambahan empat positif, masing-masing dua dari Teluk Bintuni, Kota Sorong satu dan Kabupaten Sorong juga satu. Maka total konfirmasi positif COVID-19 di Papua Barat saat ini sebanyak 172 kasus," ucap juru bicara Pemprov Papua Barat pada penanganan COVID-19, Arnoldus Tiniap pada jumpa pers secara virtual di Manokwari.

Seiring penambahan kasus positif, berdasarkan upaya tracing atau penelusuran kontak pasien positif, lanjut Arnoldus, terdapat penambahan pula pada daftar orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 65 orang. Dari jumlah tersebut 43 OTG baru di Kabupaten Teluk Bintuni, sembilan di Kaimana, enam di Raja Ampat, empat Kota Sorong dan tiga OTG di Manokwari.

Baca juga: Gugus tugas Jatim: Pasien positif COVID-19 mencapai 5.132 orang

"OTG ini adalah orang punya risiko tinggi untuk tertular karena mereka memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif," katanya seraya menyebutkan transmisi lokal di beberapa daerah terjangkit semakin besar.

Ia menyebutkan, jumlah OTG di Papua Barat saat ini sudah mencapai 1448 orang. Sesuai protokol penanganan COVID-19 mereka dipantau dan dilakukan pemeriksaan dari rapid test hingga pengambilan sampel swab.

"Dari 1448 OTG itu 816 di antaranya sudah selesai dilakukan pemantauan, sedangkan sisanya yakni 632 orang masih dipantau secara intensif," ucap Arnoldus lagi.

Pihaknya bersyukur jumlah pasien COVID-19 yang berhasil sembuh di provinsi terus meningkat sejak 11 Mei 2020. Teluk Bintuni memiliki data kesembuhan pasien tertinggi di Papua Barat.

Baca juga: Ibu dan anak di Barito Timur positif COVID-19

"Dari 55 pasien yang sembuh, 33 di antaranya dari Teluk Bintuni, di Raja Ampat ada 12, Manokwari enam, Kabupaten Sorong dua, Kota Sorong satu dan Manokwari Selatan satu. Sedangkan daerah lain belum ada yang melaporkan pasien sembuh," ujarnya lagi.

Untuk kasus meninggal, lanjut Arnoldus, sejauh ini baru dua dari pasien positif. Dari PDP terdapat 14 orang meninggal dunia dan dari ODP satu.

"Sebagian besar pasien positif COVID-19 di Papua Barat tidak mengalami gejala. Mereka dari kelompok OTG, dengan kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh yang bagus mudah-mudahan mereka semua segera sembuh," pungkasnya. ***3***

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 bertambah 609, sembuh bertambah 298

Pewarta: Toyiban
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Sorong buka kembali Bandara Domine EduardĀ Osok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar