Saham Australia dibuka lebih tinggi, lanjutkan penguatan minggu ini

Saham Australia dibuka lebih tinggi, lanjutkan penguatan minggu ini

Kantor pusat perusahaan ASX atau Australian Stock Exchange di 20 Bridge Street Sydney, Australia. ANTARA/Shutterstock/pri

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melonjak pada pembukaan perdagangan Rabu pagi, dengan sektor energi memimpin kenaikan dan mendapat dukungan kuat dari sektor perbankan dan teknologi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 51,50 poin atau 0,88 persen menjadi 5.886,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 53 poin atau 0,89 persen pada 6.013,10 poin.

Reli ini mengikuti penguatan lanjutan dari pasar luar negeri yang menempatkan perkembangan positif pemulihan COVID-19 di atas kekhawatiran lainnya.

"Pasar saham AS terangkat pada Selasa (2/6/2020) karena investor menyeimbangkan serangan baru stimulus global dan pemulihan ekonomi terhadap ketegangan perdagangan dan kerusuhan sipil AS," kata analis pasar Commsec, Ryan Felsman.

Sektor teknologi, keuangan, dan komunikasi lokal semuanya melonjak, serta energi melihat keuntungan didukung lonjakan harga minyak.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,84 persen, ANZ naik 1,78 persen, National Australia Bank naik 1,12 persen dan Westpac Bank naik 0,93 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 0,76 persen, BHP naik 2,49 persen dan Fortescue Metals naik 0,51 persen, namun penambang emas Newcrest turun 2,64 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 3,34 persen, Santos naik 3,08 persen dan Woodside Petroleum naik satu persen.

Supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles turun 0,39 persen dan Woolworths naik 0,08 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 1,40 persen, operator penerbangan nasional Qantas melonjak 3,02 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,68 persen.

Baca juga: Lanjutkan kenaikan, saham Australia dibuka sedikit lebih tinggi
Baca juga: Saham Australia hapus kerugian awal jadi berakhir lebih tinggi
Baca juga: Pasar saham Australia berakhir lebih rendah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar