Rusia undang Menhan AS hadiri parade militer Lapangan Merah

Rusia undang Menhan AS hadiri parade militer Lapangan Merah

Menhan Rusia, Sergei Shoigu (en.wikipedia.org)

Moskow (ANTARA) - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, melalui percakapan telepon dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper, mengundangnya menghadiri parade militer di Lapangan Merah Moskow pada 24 Juni, menurut kementerian terkait, Selasa (2/5).

Parade tersebut memperingati 75 tahun kemenangan Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Acara itu ditunda dari tanggal sebenarnya yakni 9 Mei akibat wabah virus corona, yang masih menyebabkan ribuan infeksi baru setiap hari.

Kementerian Pertahanan tidak mengatakan apakah Esper menerima undangan tersebut. Hubungan AS dan Rusia masih memanas atas berbagai masalah termasuk konflik di Suriah dan Ukraina.

Atraksi kekuatan dan patriotisme militer di Lapangan Merah setiap tahunnya telah menjadi tanda dari pemerintahan lama Presiden Vladimir Putin.

Selama percakapan telepon mereka, Shoigu dan Esper juga membahas kontrol senjata dan kerja sama untuk memerangi wabah COVID-19, demikian Kementerian Pertahanan Rusia.

Shoigu dan Esper membahas lebih jauh langkah-langkah untuk "meredam konflik dan menstabilkan situasi di Suriah, serta untuk memastikan keamanan kontingen militer di Afghanistan dan wilayah lain di dunia," tambahnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemimpin Eropa bersama Presiden Macron ikuti parade Hari Bastille
Baca juga: Trump banggakan parade militer Hari Kemerdekaan AS
Baca juga: China pamerkan rudal antarbenua mutakhirnya di Parade Hari Nasional

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar