Google hapus aplikasi "anti-China"

Google hapus aplikasi "anti-China"

Ilustrasi Google (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Google telah menghapus aplikasi seluler India dari Play Store yang memungkinkan pengguna menghapus aplikasi asal China dari ponsel mereka, Reuters melaporkan, Rabu.

Aplikasi "Remove China Apps" itu menjadi aplikasi gratis teratas di Play Store India dengan lebih dari lima juta unduhan sejak akhir Mei. Popularitas aplikasi tersebut meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi ponsel China di India dalam masa sengketa perbatasan Himalaya antara kedua negara.

Baca juga: Penduduk China pakai aplikasi untuk hindari virus corona

Baca juga: AS khawatir TikTok ancam keamanan nasional


Juru bicara Google mengonfirmasi kepada Reuters bahwa aplikasi tersebut telah dihapus karena melanggar kebijakan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara, orang yang paham dengan masalah ini mengatakan bahwa perangkat lunak tersebut melanggar kebijakan Google yang melarang aplikasi yang menghasut pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi pihak ketiga atau memodifikasi pengaturan atau fitur perangkat.

Aplikasi "Remove China Apps" memindai ponsel pengguna untuk aplikasi seperti TikTok milik ByteDance dan UC Browser milik Alibaba. Setelah dihapus, akan muncul pesan "Kamu luar biasa, tidak ada aplikasi China yang ditemukan."

Pengembang aplikasi tersebut OneTouch AppLabs tidak menanggapi permintaan komentar. Namun, dalam situs web-nya, pengembang mengonfirmasi bahwa aplikasi tersebut telah dihapus, dan berterima kasih kepada pengguna atas dukungan mereka.

Baca juga: Tim Cook terbang ke China setelah hapus aplikasi Hong Kong

Baca juga: Google blokir pengembang aplikasi Android China karena penipuan iklan

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo : Google Cloud Platform wujud sinergi teknologi dan dunia usaha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar