Shanghai,(ANTARA News) - China mengatakan bahwa pihaknya menaikkan harga bensin dan solar hingga lima persen mulai Rabu, kenaikan keempat untuk tahun ini, dan menetapkan harga tinggi baru di beberapa kawasan sebagai langkah lebih mendekati sistem harga berbasis pasar.

Harga eceran maksimum rata-rata untuk bensin naik 300 yuan (43,9 dolar) per ton atau 4,2 persen menjadi 7.610 yuan, badan perencanaan terkemuka China, Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) mengumumkan, seperti dikutip dari AFP.

Harga eceran maksimum untuk solar akan dinaikkan 4,6 persen menjadi 6.870 yuan per ton, kata pernyataan itu lagi.

NDRC mengatakan bahwa kenaikan harga baru itu telah "sesuai dengan pergerakan akhir-akhir ini dalam harga minyak mentah internasional."

Kontrak utama New York, jenis minyak mentah "light sweet" untuk pengiriman Oktober naik 52 sen menjadi 68,57 dolar per barel di perdagangan Asia Rabu.

Pada Juli lalu, harga bahan bakar di mana turun hampir tiga persen, sesuai dengan penurunan harga minyak mentah dunia.

Bensin akan dihargai 6,43 yuan (94 sen dolar AS) per liter di Beijing, 3,7 persen lebih tinggi ketimbang tingkat tinggi sebelumnya pada Juni 2008, China Securities Journal melaporkan, mengutip Niu Li, ekonom pada State Information Centre.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009