15 kabupaten di Papua masuk zona hijau, aktivitas kembali normal

15 kabupaten di Papua masuk zona hijau, aktivitas kembali normal

Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Deni Herdiana (jongkok) bersama anggotanya membagikan nasi kotak kepada anak-anak dan masyarakat yang terdampak virus corona atau COVID-19 di sekitaran Kota Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. ANTARA/HO-Humas Polres Mamberamo Tengah/am.

Jayapura (ANTARA) - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mempersilahkan 15 kabupaten yang masuk zona hijau COVID-19 untuk melakukan aktivitas secara normal.
 
"Silahkan beraktivitas secara normal bagi 15 kabupaten yang masuk zona hijau," kata Wagub Tinal seusai pertemuan forkopimda di Jayapura, Rabu malam.
 
Dikatakannya, 15 kabupaten yang berada dalam zona hijau adalah Kabupaten Lanny Jaya, Dogiai, Deiyai Nduga, Puncak Jaya, Intan Jaya, Puncak, Tolikara, Yahukimo, Asmat, Mamberamo Raya, Mappi, Paniai, Pegunungan Bintang, dan Kab. Yalimo.
 
Walaupun berada di zona hijau, namun pemda setempat diminta tetap mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Disorda Papua salurkan bantuan untuk mantan atlet terdampak COVID-19

Baca juga: Himpunan Kerukunan Jawa-Madura diajak cegah COVID-19 di Papua

 
Pengawasan perlu dilakukan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjangkit virus corona, kata Wagub Tinal.
 
Diakuinya, untuk 14 kabupaten lainnya yang masuk zona merah, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika Keerom, Sarmi, Merauke, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Nabire, Biak, Boven Digul, Supiori, Waropen dan Kab.Kepulauan Yapen tetap diberlakukan pembatasan sosial diperluas dan diperketat (PSDD).
 
Untuk 14 kabupaten dan kota masih dilakukan pembatasan beraktivitas, namun waktunya diperpanjang yakni dari pukul 06.00-17.00 WIT.
 
Akan tetapi, kata Wagub yang didampingi forkopimda, penerbangan dan angkutan kapal diijinkan mengangkut penumpang, namun diatur pelaksanaan oleh Dinas Perhubungan Papua.
 
"Untuk keluar masuk orang baik menggunakan pesawat maupun kapal tetap akan mengikuti protokol kesehatan COVID-19," kata Wagub Tinal.*

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien COVID-19 turun, Pemkot Jayapura tutup RS Hotel Sahid

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar