Sekjen Kemenkumham minta Kakanwil siapkan protokol kesehatan

Sekjen Kemenkumham minta Kakanwil siapkan protokol kesehatan

Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto (ANTARA/Harianto)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto meminta para Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) mempersiapkan diri menghadapi era normal baru, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja.

"Persiapkan protokol normal baru. Saya tekankan ini (protokol kesehatan) karena semua tugas harus berjalan. Target kinerja harus terpenuhi," ujar Bambang dalam keterangannya yang dipublikasikan di situs resmi Kemenkumham, Rabu.

Bambang menyampaikan hal tersebut dalam acara serah terima jabatan (sertijab) Pimpinan Tinggi Pratama di Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Jakarta.

Dia mengatakan, meski saat ini pandemi COVID-19 di Indonesia belum berakhir, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan para pegawai Kemenkumham untuk menurunkan kinerja.

Menuju era normal baru, Bambang mengajak para jajarannya untuk mengubah pola pikir untuk membiasakan diri bekerja dengan penerapan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan kita. Normal baru adalah era baru yang harus kita hadapi. Era baru yang membuat kita menjaga kesehatan setiap hari. Pola pikir kita harus berubah," ucap Bambang.

Baca juga: Luhut dorong penyusunan protokol usaha di era normal baru

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menyampaikan harapannya agar para Kakanwil mampu mampu mewujudkan kantor wilayah sebagai pusat hukum dan HAK Asasi Manusia.

Selain itu, para Kakanwil juga harus terus mengawal pelaksanaan kebijakan asimilasi dan integrasi narapidana di daerah masing-masing.

"Kakanwil sebagai representasi Menteri Hukum dan HAM di daerah diharapkan mampu mewujudkan kantor wilayah sebagai Law and Human Right Center," kata dia.

Lebih lanjut kepada dua Kakanwil yang baru dilantik, yakni Ibnu Chuldun sebagai Kakanwil Riau dan Danan Purnomo sebagai Kakanwil Lampung, Bambang berpesan agar keduanya melanjutkan tongkat estafet program dan meneruskan kinerja baik yang telah dicapai oleh pemimpin sebelumnya.

Dengan demikian, kata dia, penggunaan anggaran, waktu dan tenaga dapat memberikan manfaat bagi Kemenkumham.

"Terus berkontribusi memajukan Kementerian Hukum dan HAM," ujar Bambang.

Baca juga: Bamsoet minta pemerintah buat kriteria penerapan Normal Baru

Baca juga: Pemerintah segera finalisasi protokol normal baru

Baca juga: Rumah ibadah dan pesantren disebut butuh sarana pendukung normal baru

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar