Tasikmalaya (ANTARA News) - Polisi Wilayah (Polwil) Priangan, Jumat (4/9), akan memantau seluruh daerah yang rusak berat akibat gempa bumi dengan menggunakan helikopter jenis Puma.

"Besok kami akan pantau melalui udara, dengan menggunakan Puma besar double cabin," kata Kapolwil Priangan Kombes Anton Charlian, saat pemantauan darat di wilayah kerusakan gempa di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis.

Dia menjelaskan, pemantauan melalui udara dinilai akan lebih jelas memetakan titik bencana, berupa kawasan maupun kondisi alam yang mengalami kerusakan berat, sehingga pendataan kerusakan wilayah lebih lengkap.

Puma ini akan berkeliling di udara meninjau Pameungpeuk Garut, Pangalengan Bandung, Kecamatan Cisayong dan Cigalontang serta daerah lain yang rusak parah di Kota/Kabupaten Tasikmalaya.

Pemantauan melalui udara juga akan dilakukan didaerah kabupaten Sumedang, Ciamis dan Kota Banjar serta kawasan pantai Pangandaran dan pantai Cipatujah Tasikmalaya.

Di samping melibatkan TNI dan pemerintahan daerah, helikopter ini juga mengikutkan jurnalis sebagai upaya memfasilitasi kerja yang bertugas melakukan peliputan pasca gempa Tasikmalaya.

"Jadi kami akan bawa wartawan untuk bisa melakukan pemantauan dan pengambilan gambar dari atas," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009