Kapolda Babel tinjau protokol kesehatan pelayanan SIM di Pangkalpinang

Kapolda Babel tinjau protokol kesehatan pelayanan SIM di Pangkalpinang

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat saat meninjau protokol kesehatan pelayanan SIM di Kantor Satlantas Polres Pangkalpinang, Kamis (4/6). (ANTARA/ Donatus D.P)

Pangkalpinang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Anang Syarif Hidayat meninjau langsung pelaksanaan protokol kesehatan pada pelayanan pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Kantor Satlantas Polres Pangkalpinang.

"Memang saya lihat masih berjubel, pengunjungnya masih cukup banyak dan saya sarankan untuk menyediakan tempat tunggu yang lebih besar lagi, jangan sampai terlalu berdekatan," kata Kapolda Babel Anang Syarif Hidayat saat meninjau pelayanan SIM di Kantor Satlantas Polres Pangkalpinang, Kamis.

Baca juga: Tak ada tilang bagi pemegang SIM habis masa berlaku 17 Maret-29 Mei

Dalam situasi pandemi COVID-19, Kapolda meminta agar kantor tersebut menyiapkan tempat yang lebih luas agar pengantre tidak terlalu padat dan penerapan protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik.

"Saya juga mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, dan pengukuran suhu badan," katanya.

Sejak pelayanan SIM dibuka kembali pada 2 Juni 2020 masyarakat yang akan melakukan perpanjangan masa berlaku dan membuat SIM baru cukup banyak, sementara untuk pelayanan dibatasi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Antrean SIM padat, Polri terus ingatkan warga jaga jarak

"Kami harapkan masyarakat yang ditangguhkan perpanjangan SIM-nya dapat terselesaikan dalam satu bulan ini. Seandainya nanti belum selesai, tetap kami berikan toleransi," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak memaksakan masyarakat, namun lebih kepada memberikan edukasi kepada mereka agar selalu disiplin untuk menaati aturan baik yang berhubungan dengan COVID-19 maupun aturan lalu lintas.

Baca juga: Pelayanan SIM dibatasi jadi separuh dari kemampuan produksi

Dalam pelaksanaan pelayanan perpanjangan masa berlaku SIM, kata dia, bagi yang sudah habis masa berlakunya sejak Maret 2020 diberikan toleransi perpanjangan hingga Juni 2020.

"Kami berikan toleransi dan diharapkan sampai dengan akhir Juni ini semua yang SIM-nya sudah mati bisa segera diperpanjang baik di Satlantas maupun di gerai BTC," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Babel berhasil amankan komplotan penggelapan mobil rental

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar