Glendale, California (ANTARA News/Reuters) - Michael Jackson dikebumikan di tempat peristirahatannya, Kamis, dalam acara pemakaman yang dihadiri keluarga dan para selebritis, lebih dari dua bulan setelah Raja Pop itu meninggal dunia di usia ke-50 karena overdosis yang dinyatakan (polisi) sebagai kasus pembunuhan.

Keamanan yang ketat membuat penggemar, wartawan dan bahkan pesawat terbang mesti jauh-jauh dari astana Forest Lawn di pinggiran kota Los Angeles di Glendale, dimana Michael akan dikebumikan berdampingan dengan sekumpulan bintang yang menjadi ikon Hollywood seperti Walt Disney dan Humphrey Bogart.

Keluarga Michael Jackson tiba telat di astana itu lebih dari sejam, dan langsung bergabung dengan prosesi yang terdiri dari hampir 30 limosin dan kendaraan yang melewati sekumpulan kecil penggemar dan pengamat.

Sang biduan yang sukses menjual jutaan albumnya di seluruh dunia lewat hit-hit seperti "Thriller" dan "Billie Jean," meninggal dunia karena overdosis obat-obatan pada 25 Juni, karena apa yang disebut Lembaga Forensik Los Angeles County sebagai kasus pembunuhan.

Pihak berwenang mengatakan campuran resep obat, termasuk obat bius maut propofol dan obat penenang lorazepam, adalah penyebab utama kematiannya.

Polisi telah menyelidiki sejumlah dokter yang merawat Michael, dengan fokus tertuju pada dokter pribadinya dr. Conrad Murray, yang berada di samping tempat tidurnya ketika Michael menderita serangan jantung di rumah peristirahatan mewahnya di Los Angeles.

Murray telah disewa oleh promotor acara konser AEG Live beberapa minggu sebelum kematian Michael, dengan tugas menjaganya tetap bugar selama berlatih untuk persiapan rangkaian konser kembali manggungnya di London yang dijadwalkan mulai Juli. Dari konser itu Michael bisa melunasi utang-utangnya dan menyehatkan kembali kondisi keuangannya.

Polisi menyatakan bahwa mereka akan mengeluarkan tuduhan kriminal dalam kasus itu namun sebegitu jauh pihak berwenang belum mengeluarkan satu pun dakwaan.

Namun skandal itu agaknya jauh-jauh dari pikiran para selebritis Hollywood yang menghadiri acara pemakaman itu, termasuk aktris Elizabeth Taylor, bintang cilik Macaulay Culkin dan mantan istri Michal, Lisa Marie Presley, yang adalah anak dari mendiang Elvis Presley.

Tempat peristirahatan terakhir Michael berada di ruang bawah tanah di Grand Mausoleum, yaitu sebuah gedung megah tiruan masa Renaisans di kawasan mewah.

Jasadnya tetap disimpan di astana itu sejak acara penghormatan terakhirnya diadakan di stadion bola basket di pusat kota Los Angeles, 6 Juli lalu.

Tanah milik Michael akan menjadi sumber talangan untuk biaya penggantian bagi Polisi Sektor Glendale yang diperkirakan mencapai 150 ribu dolar AS. Dewan kota Los Angeles telah menyerap sekitar 1,4 juta dolar AS untuk pembiayaan acara penghormatan terakhir Michael beberapa waktu lalu. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009