Motif batik hiasi desain botol minum asal Italia

Motif batik hiasi desain botol minum asal Italia

24Bottles Clima Ashanti Batik (HO/MORE by Morello)

Jakarta (ANTARA) - Warisan budaya Nusantara menghiasi desain botol minum asal Italia, 24Bottles, yang menampilkan motif batik dengan latar belakang warna jingga cerah.

Botol Clima Ashanti Batik adalah kali pertama 24Bottles memasukkan unsur Indonesia ke dalam produknya.

Merek desain Italia tersebut juga sebelumnya tak pernah menciptakan motif yang terinspirasi budaya negara lain.

“Clima Ashanti Batik memang menjadi model yang secara khusus menargetkan konsumen di Indonesia," kata Director PT Morello Mitra Abadi Hendra Niel, distributor resmi 24Bottles di Indonesia, dalam keterangan resmi, Kamis.

Baca juga: Besok Lebaran, ini masker motif etnik percantik tampilan di hari raya

Baca juga: Kreativitas dunia fesyen di balik krisis corona


"Dengan perpaduan ini, 24Bottles ingin menghadirkan solusi hidrasi sehari-hari dengan semangat cinta tradisi lokal tanah air.”

Filosofi di balik dari desain 24Bottles Clima Ashanti Batik ini adalah perjalanan budaya Indonesia dan Afrika atas batik sebagai warisan budaya kedua negara tersebut.

Motif pada Ashanti Batik adalah motif daun, idenya diangkat dari batik daun simpor dan keanekaragaman budaya Indonesia dan Afrika.

Gabungan batik Indonesia dan Afrika menunjukkan harapan tentang persatuan.

"Melalui sikap yang moderat, perbedaan akan tampak indah. Perbedaan yang ada diharapkan dapat mempersatukan, bukan memecah belah," kata dia.

Baca juga: Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Baca juga: Sebanyak 43 desain baru motif sasirangan dilombakan di BSF


Motif batik di permukaan botol minum ini dirancang langsung oleh tim 24Bottles yang melihat keunikan batik serta ingin memperkenalkannya kepada dunia.

"Tim 24Bottles menganggap bahwa lewat desain botol minumnya yang menarik dan memiliki filosofi yang mendalam akan membuat masyarakat tertarik dan bahkan tergugah untuk ikut bergabung dalam movement sustainability life, yaitu gerakan untuk menggunakan barang-barang yang penggunaannya bisa bertahan lama, sehingga bisa membantu mengurangi produksi sampah."

Botol ini dibuat dari bahan 18/8 stainless steel food grade BPA-Free dan dilengkapi double-insulated wall pada dinding botolnya, sehingga mampu menahan suhu minuman agar tetap dingin selama 24 jam, dan minuman panas hingga 12 jam.

Dinding luar botolnya dijamin tidak akan berembun atau meneteskan air meskipun diisi dengan minuman dingin atau panas.

Merek dengan ciri khas desain full-printed yang beragam pada botolnya telah hadir di Indonesia sejak 2019. Merek itu secara global memiliki program inisiasi penghijauan guna mengeliminasi emisi karbon yang dihasilkan dari setiap produksi botolnya dengan nama OXYGEN Forest.

Hingga saat ini, 24Bottles telah menanam 8.654 pohon di 11 negara berbeda untuk mewujudkan misi zero-emission pada botolnya.

Baca juga: Pelindung diri dan bergaya, desainer China buat masker berbahan sutra

Baca juga: "Designers Give Back", cara desainer dukung tenaga medis saat COVID-19

Baca juga: Di tengah pandemi, para desainer ini tetap rilis koleksi Hari Raya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Museum Batik Pekalongan digitalisasikan koleksi kuno

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar