Formula 1

Mercedes siap pinjamkan pebalap cadangan bagi Racing Point dan McLaren

Mercedes siap pinjamkan pebalap cadangan bagi Racing Point dan McLaren

Salah satu pebalap cadangan Mercedes, Stoffel Vandoorne. ANTARA/REUTERS/Francois Lenoir

Jakarta (ANTARA) - Tim juara bertahan Mercedes menyatakan siap meminjamkan kedua pebalap cadangan mereka, Stoffel Vandoorne dan Esteban Gutierrez, apabila dibutuhkan oleh tim Racing Point dan McLaren musim ini, demikian juru bicara tim seperti dilansir Reuters, Kamis.

Vandoorne, asal Belgia, pernah membalap untuk McLaren sedangkan Gutierrez sempat memperkuat Sauber dan Haas.

Racing Point merupakan salah satu tim, selain Williams, yang menggunakan power unit Mercedes. Sedangkan McLaren saat ini menggunakan power unit Renault namun mereka akan beralih ke dapur pacu Mercedes tahun depan.

Baca juga: Aturan baru F1 bikin Racing Point optimistis bisa lebih kompetitif
Baca juga: Ricciardo akui sempat negosiasi dengan Ferrari sebelum gabung McLaren


Para pebalap cadangan harus siap menggantikan pebalap utama yang tak mampu berkompetisi karena sakit atau cedera, salah satu peran krusial tahun ini di tengah pandemi COVID-19.

Formula 1 telah menerbitkan revisi kalender yang akan diawali dengan dua balapan tertutup dan di bawah protokol kesehatan ketat di Austria di awal Juli.

Chase Carey, CEO Liberty Media selaku pemegang hak komersial F1, pekan ini menyatakan jika penyelenggara tak akan membatalkan balapan jika ada satu pebalap kedapatan positif COVID-19.

"Kami mendorong tim menerapkan prosedur sehingga jika seseorang harus dikarantina, kami memiliki kemampuan untuk mengarantina mereka di hotel dan menggantikan individu itu,"

"Tim yang tak bisa balapan tak akan membatalkan balapan... kami akan menerapkan prosedur yang apabila ditemui infeksi tak akan menyebabkan pembatalan. Jika seorang pebalap terinfeksi, pebalap cadangan tersedia."

Baca juga: Mercedes dan Ferrari siapkan tes privat jelang bergulirnya musim F1
Baca juga: Bos Mercedes dukung Hamilton kecam ketidakadilan rasial
Baca juga: Bernie Ecclestone carikan calon pembeli untuk tim Williams

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar