Jakarta (ANTARA) - Solois Arya Novanda merilis lagu baru berjudul "Soul-Less" yang juga menjadi single ketiganya bercerita tentang manusia saat ini dari sudut pandangnya.

Arya menilai bahwa kebanyakan manusia saat ini tidak mengenal dirinya sendiri dan kualitas manusia era sekarang menurun drastis di banyak aspek penting.

"Sayang sekali manusia mayoritas saat ini tidak ‘hidup sepenuhnya hidup’ dan enggak mau mengenal dirinya. Jiwa nya kosong, enggak di-asah. Enggak percaya sama diri sendiri. Enggak bermakna. Ini pengaruh nya sangat luas dan kuat untuk diri manusia," ujar Arya Novanda dalam siaran persnya, Jumat.

Ada cerita menarik dari pengerjaan lagu ini, yaitu saat Arya merekam solo blues gitar lagu “Soul-Less” di dalam kamar mandi untuk mendapatkan karakter sound solo gitar yang dia mau.

Tak hanya itu, untuk menyempurnakannya proses mixing dan mastering dilakikan di Soup Studios di London. Meski kental dengan nuansa blues dalam lagu ini, namun Arya mengatakan bahwa hal itu hanya menjadi salah satu referensi musiknya.

"Ini jelas bukan musik blues. Blues rock cuma salah satu elemen favorit saya. Selama saya hidup dan mendengar, warna warni dan berbagai musik masuk ke diri saya," jelasnya.

"Saya menggabungkan berbagai elemen yang saya cinta itu menjadi satu, menjadi musik dan bentuk saya. Menjadi authentic. Menjadi saya," tutur Arya Novanda.

Lagu "Soul-Less" dari Arya Novanda sudah dapat didengarkan melalui layanan musik digital.

Baca juga: Gitaris Arya Novanda rilis video klip "I"

Baca juga: Fare gitaris Lyla gelar akad nikah sederhana saat pandemi corona

Baca juga: Dewa Budjana penasaran sejarah Dharmasraya

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020