Terdampak pandemi, pekerja seni pun dapat bansos

Terdampak pandemi, pekerja seni pun dapat bansos

Mensos Juliari P Batubara melakukan video conference dengan para pelaku seni

Jakarta (ANTARA) -- Menteri Sosial Juliari P Batubara menegaskan para pekerja film dan teater yang terdampak pandemi Covid-19 sehingga harus kehilangan pekerjaan akan mendapatkan bantuan sosial (bansos).

“Pada prinsipnya kami siap membantu. Kami terbuka berapa penerima yang akan diajukan dari para artis dan pekerja film," ujar Juliari dalam video conference dengan komunitas pelaku film dan teater yang tergabung dalam komunitas C'nior, Kamis.

Pada video conference yang dikoordinasi oleh Yessy Gusman ini, Mensos berbincang langsung dengan sejumlah aktor dan aktris senior Tanah Air, diantaranya adalah adalah Rano Karno, Ratna Riantiarno, Alicia Djohar, Debby Cintya Dewi, Deddy Mizwar,  Niniek L. Karim, Yatty Oktavia, dan Baby Zelvia.

Mensos siap untuk menyalurkan bansos kepada para pekerja seni, namun tetap harus mematuhi aturan yang berlaku, diantaranya yakni penerima bansos harus memenuhi ketentuan by name by address (BNBA) dan memiliki NIK.

“Karena bansos ini kan menggunakan uang negara, maka kan nanti akan tetap diperiksa keabsahannya. Oleh karena itu, data penerima yang sudah disampaikan para artis, akan terlebih dulu diperiksa,” kata Mensos.

Sementara itu, Rano Karno menjelaskan krisis ekonomi yang harus dihadapi para pekerja seni selama pandemi Covid-19. Total sebanyak 2.156 orang diproyeksikan akan mendapatkan bansos.

"Mereka sudah tidak bekerja 3-4 bulan. Jadi, saya tahu persis bagaimana kehidupan mereka selama pandemi," kata aktor yang kini duduk di Komisi X DPR RI ini.

Senada dengan Rano, aktris tahun 90an, Debby Cynthia Dewi, mengaku bersyukur mendengar kesediaan Kemensos menyalurkan bantuan kepada pekerja seni dan film.

“Untuk satu judul sinetron bisa melibatkan 3 tim. Dimana satu tim bisa beranggotakan 150-an orang. Coba kalau dikalikan 2 atau 3 bersama istri dan anak, bisa dibayangkan berapa banyak yang terdampak,” kata aktris yang sudah berkiprah sejak 1972 ini.

Rencananya, bansos akan disalurkan kepada 37 komunitas terdiri dari kalangan pekerja perfilman, teater, seniman budaya Betawi, seniman budaya Sunda, seniman lawak, badut, perupa, musik dan penyanyi, artis lansia, dan lain sebagainya. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mensos mulai salurkan BST Gelombang II dari Kota Bandung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar