BMKG prediksi hujan disertai petir melanda sejumlah wilayah di Sumut

BMKG prediksi hujan disertai petir melanda sejumlah wilayah di Sumut

Dokumentasi - Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatera Utara, Jumat (5/10/2018). ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj/aa.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Utara pada Jumat (5/6). Bahkan, hujan diperkirakan sudah mulai akan berlangsung sejak siang hari ini.
 
"Diperkirakan pada hari ini, sejumlah wilayah berpeluang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir," kata Kepala BMKG Medan Edison Kurniawan melalui Prakirawan Budi Prasetyo.
 
Adapun sejumlah wilayah yang berpeluang diguyur pada siang hari dan dapat berlanjut hingga malam ini yakni Pandan, Tarutung, Sipirok, Gunung Sitoli, Kabanjahe, Pematang Raya.
 
Kemudian, Sidikalang, Balige, Panyabungan, Teluk Dalam, Salak, Dolok Sanggul, Panguruan, Sibolga, Padangsidimpuan, Lahomi, Lotu, Sibuhuan dan Gunung Tua.

Baca juga: Waspadai gelombang tinggi dan banjir rob di perairan utara Jawa
Baca juga: Jumat pertama PSBB transisi, cuaca DKI Jakarta cerah berawan
 
Atas kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir di sebagian besar wilayah lereng barat, lereng timur, pegunungan, dan pantai barat pada siang hingga menjelang malam.
 
"Serta sebagian wilayah pantai timur pada sore hingga malam hari yang dapat menyebabkan terjadinya banjir di sekitaran wilayah bantaran sungai dan longsor di wilayah pegunungan dan lereng," kata Prakirawan.
 
Sementara, untuk wilayah Kota Medan pada hari ini diperkirakan pada siang hari ini terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan dengan suhu maksimum 31 derajat celsius. Begitu juga pada malam hari kondisi cuaca diperkirakan hujan lokal.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG latih petani tomat pahami iklim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar