Saham Spanyol "rebound," Indeks IBEX 35 ditutup melonjak 4,04 persen

Saham Spanyol "rebound," Indeks IBEX 35 ditutup melonjak 4,04 persen

Ilustrasi: Para investor memantau pergerakan Indeks IBEX 35, Bursa Saham Madrid, Spanyol (REUTERS/Andrea Comas)

Madrid (ANTARA) - Saham-saham Spanyol menguat tajam pada akhir perdagangan Jumat (5/6/2020), rebound dari kerugian sehari sebelumnya dengan indeks acuan IBEX 35 di Bursa Efek Madrid melonjak 4,04 persen atau 305,80 poin, menjadi 7.872,60 poin.

Sebanyak 32 saham dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang menjadi komponen Indeks IBEX 35 berhasil berakhir di wilayah positif dan hanya tiga saham yang di wilayah negatif.

Perusahaan induk maskapai penerbangan Inggris-Spanyol, International Consolidated Airlines Group (IAG) memiliki hasil terbaik (top gainer) dari saham-saham unggulan atau blue chips, dengan nilai sahamnya melambung 14,88 persen.

Baca juga: Saham Prancis berbalik naik tajam, saham Airbus melonjak 12,50 persen

Disusul oleh saham perusahaan jasa keuangan dan perbankan Banco Sabadell yang melonjak 12,06 persen, serta perusahaan jasa keuangan dan perbankan lainnya Banco Santander terangkat 11,35 persen.

Di sisi lain, perusahaan operator jasa telekomunikasi seluler Cellnex Telcom mengalami kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya jatuh 2,39 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan operator jaringan listrik Spanyol Red Electrica Corporacion yang kehilangan 1,16 persen, serta perusahaan penyedia pasokan gas alam Enagas turun 0,50 persen.

Baca juga: IHSG akhir pekan diprediksi terus melemah, dipicu aksi ambil untung

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar