"The French Dispatch", "Peninsula", jajaran film terpilih Cannes 2020

"The French Dispatch", "Peninsula", jajaran film terpilih Cannes 2020

Timothee Chalamet dalam cuplikan (trailer) "The French Dispatch" (2020). (Tangkapan layar YouTube/Fox Searchlight)

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes telah mengungkapkan jajaran film terpilihnya di tahun 2020, termasuk film "The French Dispatch" karya Wes Anderson, "Soul" dari Pixar, hingga "Peninsula" karya Yeon Sangho, dikutip dari Deadline, Sabtu.

Meskipun perhelatannya harus batal karena pandemi virus corona, Cannes telah mengungkapkan 56 film yang dipilih untuk seleksi resmi (official selections) sebagai lencana kehormatan untuk film dan dalam upaya untuk meningkatkan kredensial distribusi mereka.

Festival ini tidak membedakan film berdasarkan bagian pada tahun ini, melainkan mengumumkan semua 56 film dalam satu daftar, dan hanya membatasi beberapa film berdasarkan kategori tematik.

Sutradara artistik Thierry Frémaux sebelumnya mengatakan bahwa film Netflix karya Spike Lee, "Da 5 Bloods" akan diputar di luar kompetisi. Lee sendiri merupakan pemimpin juri dalam ajang kali ini.

Film "Da 5 Bloods" akan menandai kembalinya Netflix ke festival setelah tiga tahun absen, dipicu oleh festival yang melarang film-film non-teater dalam persaingan mereka.

Sejumlah film yang dipilih akan diputar di festival akhir tahun ini, jika festival dapat dihelat.

Festival ini telah menerima banyak kritik dalam beberapa tahun terakhir karena kurangnya keragaman dalam susunannya. Pilihan tahun ini menampilkan sejumlah rekor sutradara wanita, termasuk film-film dan sineas dari Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Sementara itu, beberapa film yang masuk ke dalam jajaran Cannes 2020 antara lain "Lovers Rock" dan "Mangrove" oleh Steve McQueen, "Druk" (Another Round) karya Thomas Vinterberg, "Aya and the Witch" (Goro Miyazaki - Ghibli Studio) dan "Asa ga Kuru" karya Naomi Kawase.

Daftar lengkap dari film-film yang terpilih dalam Festival Cannes 2020 dapat dilihat di situs resmi www.festival-cannes.com/en.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar