Laporan dari London

Inggris ajukan diri jadi mitra dialog ASEAN

Inggris ajukan diri jadi mitra dialog  ASEAN

Bendera Inggris berlatar belakang menara jam Big Ben, London (3012/2019). ANTARA/REUTERS/Toby Melville/aa.

Inggris akan bekerja sama lebih erat dengan teman-teman di kawasan. Kami bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dengan bergabung dalam perjanjian perdagangan Trans-Pasifik
London (ANTARA) - Inggris telah mengajukan diri untuk menjadi mitra dialog  Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), demikian keterangan Kementerian Luar Negeri Inggris  yang diterima ANTARA London, Sabtu. 

Upaya itu  adalah langkah terbaru oleh Kantor Luar Negeri untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan blok regional di luar ambang pintu Inggris, dan dan merupakan usaha meningkatkan hubungan dengan forum internasional yang akan mengarah pada peluang baru di bidang perdagangan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan keamanan.

Relasi itu  akan memberikan akses tingkat tinggi Inggris ke ASEAN yang diperkuat kerja sama praktis yang lebih dalam, bersama negara-negara besar lain seperti  Amerika Serikat, China dan India, yang ditandatangani Menteri Luar Negeri Dominic Raab.

Baca juga: Inggris tekankan upaya bersama ASEAN tangani perubahan iklim
Baca juga: Pemerintah Inggris resmikan Misi Inggris untuk ASEAN


Raab mengatakan pada saat ini ASEAN semakin penting.  "Inggris akan bekerja sama lebih erat dengan teman-teman  di kawasan. Kami bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dengan bergabung dalam  perjanjian perdagangan Trans-Pasifik," katanya.

Dengan menjadi salah satu mitra dialog ASEAN, Inggris dapat memperkuat kemampuan  untuk bekerja sama di seluruh wilayah Indo-Pasifik, sebagai kekuatan untuk kebaikan, dalam segala hal mulai dari perubahan iklim hingga stabilitas regional, ujarnya.

Inggris sudah menjadi salah satu dari sedikit negara dengan Duta Besar khusus untuk ASEAN, kedutaan besar atau Komisi Tinggi di seluruh sepuluh negara anggota dan program kerja sama yang luas tentang topik-topik yang mencakup terorisme, perubahan iklim dan COVID-19.

Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Jon Lambe, mengatakan Inggris telah menjadi mitra dekat ASEAN selama lebih dari 40 tahun, selama waktu itu Inggris telah bekerja berdampingan dalam masalah-masalah politik, keamanan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Dalam peran saya sebagai Duta Besar untuk organisasi, setiap hari saya melihat bagaimana Inggris menjadi kekuatan untuk kebaikan di kawasan ini.Tawaran kami untuk menjadi mitra dialog adalah bagian dari komitmen kami yang telah lama dan terus berlanjut ke ASEAN," kata Lambe.

Status mitra dialog akan lebih jauh membangun hubungan kuat Inggris di seluruh kawasan ASEAN dan mencerminkan kekuatan dan luasnya penawaran Inggris kepada organisasi.

Status ini akan memfasilitasi kerja sama praktis lebih lanjut di berbagai sektor utama serta memungkinkan Inggris untuk menghadiri KTT ASEAN dan pertemuan tingkat menteri tahunan.

Didirikan pada tahun 1967, ASEAN adalah komunitas regional yang telah menyatukan sepuluh negara Asia Tenggara di sekitar seperangkat nilai-nilai dan prinsip-prinsip bersama, serta berusaha untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya melalui upaya bersama. 

Baca juga: Inggris cari peluang dagang di Asia Tenggara pasca-Brexit
Baca juga: Inggris butuh ASEAN realisasi visi Global Britain


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wuhan buka penerbangan kargo reguler ke London via Amsterdam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar