Tiga Pilar Jakarta Barat resmikan "Kampung Merdeka COVID-19"

Tiga Pilar Jakarta Barat resmikan "Kampung Merdeka COVID-19"

Tiga Pilar Jakarta Barat meresmikan "Kampung Merdeka COVID-19" dalam rangka mencegah penularan COVID-19 di lingkungan pemukiman masyarakat pada Sabtu (6/6/2020).  ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta Barat

Jakarta (ANTARA) - Tiga Pilar Jakarta Barat meresmikan "Kampung Merdeka COVID-19" dalam rangka mencegah penularan COVID-19 di lingkungan pemukiman masyarakat pada Sabtu.

Peresmian Kampung Merdeka COVID-19 yang berlokasi di RW 05 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503 JB Kolonel (Kav) Valian Wicaksono.

Rustam Effendi mengatakan  dipilihnya lokasi tersebut sebagai "Kampung Merdeka COVID-19" lantaran di kawasan tersebut dinyatakan bebas dari virus COVID-19.

"Kampung Merdeka ini merupakan hasil inisiasi gagasan dari kami bertiga. yaitu Wali Kota, Kapolres dan Dandim," kata Rustam.

RW 05 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, merupakan kampung pertama yang diresmikan sebagai "Kampung Merdeka COVID-19".

"Artinya di kampung tersebut merupakan 1 dari 26 RW di Jakarta Barat yang sudah dinyatakan bebas dari virus COVID-19 dan sudah menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Samsat Jakbar terapkan protokol kesehatan COVID-19 untuk wajib pajak
Baca juga: Ratusan kendaraan pemudik diminta putar balik di perbatasan Jakbar


Dia berharapkan terpilihnya lingkungan tersebut sebagai "Kampung Merdeka COVID-19" bisa menjadi contoh atau inspirasi bagi kampung lainnya

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan bahwa kampung merdeka hasil inisiatifnya mengambil contoh yang diterapkan oleh Polda Jawa Timur.

Polda Jawa Timur menetapkan kampung yang bebas COVID-19 sehingga bisa menjadi contoh bagi kampung lainnya.

"Kami apresiasi program Polda Jawa Timur dan kami terapkan di Jakarta Barat tentunya disesuaikan dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta," kata Audie.

Untuk di Jakarta sendiri, program "Kampung Merdeka COVID-19" kemungkinan baru diterapkan di wilayah Jakarta Barat.

Ia berharap "Kampung Merdeka COVID-19" di Jakarta Barat dapat menjadi contoh untuk seluruh wilayah Polda Metro Jaya.

"Harapannya tentu ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Agar kita tahu bagaimana langkah-langkah terbebas dari pandemi COVID-19," ujar Audie.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PSBB Jabar berakhir, Bodebek ikuti Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar