Liga Jerman

Leipzig diimbangi juru kunci, Mainz buat jarak aman degradasi

Leipzig diimbangi juru kunci, Mainz buat jarak aman degradasi

Reaksi kecewa penyerang RB Leipzig Timo Werner setelah membuang salah satu peluang dalam laga lanjutan Liga Jerman melawan SC Paderborn di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu (6/6/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Hannibal Hanschke)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig diimbangi tim juru kunci SC Paderborn 1-1 ketika di tempat lain FSV Mainz menciptakan jarak aman dari zona degradasi dalam rangkaian laga pekan ke-30 Liga Jerman, Sabtu.

Menjamu Paderborn di Red Bull Arena, Leipzig seharusnya punya perbedaan kelas yang kentara, tetapi sebuah kartu merah dan gol menit-menit akhir membuat mereka berdiri setara dengan Paderborn seusai peluit tanda laga usai.

Timo Werner sebetulnya punya peluang bagus saat laga baru berusia empat menit, tetapi tembakannya tak banyak menyulitkan kiper Leopold Zingerle. Peluang lain diperoleh lagi oleh Werner pada menit ke-19, yang kali ini dihalau oleh bek Uwe Huenemeier.

Justru Patrik Schick yang membuka keunggulan Leipzig pada menit ke-27, memanfaatkan umpan kiriman Werner. Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan gol itu sah.

Baca juga: Chelsea dilaporkan aktifkan klausa pembelian Werner

Gol itu seolah menandakan Werner bukan sekadar pencetak gol, tapi di waktu bersamaan Schick bak memberi pernyataan siap menjadi mesin gol baru Leipzig mengingat rekannya santer dilaporkan bakal berlabuh ke Stamford Bridge musim depan.

Dua menit jelang turun minum petaka bagi Leipzig terjadi kala bek Dayotchanculle Upamecano menerima kartu kuning kedua lantaran melanggar Dennis Srbeny. Tuan rumah harus merampungkan laga dengan 10 pemain.

Kendati timpang jumlah pemain, Werner seharusnya bisa menggandakan keunggulan Leipzig pada menit ke-68 kala memperoleh bola di muka gawang tapi tembakannya melenceng dari sasaran.

Semenit jelang waktu normal berakhir, lagi-lagi Werner membuang peluang yang kemudian harus dibayar mahal karena pada menit kedua injury time Christian Strohdiek menjebol gawang tuan rumah memanfaatkan bola muntah. Dua poin tergelincir dari tangan Leipzig.

Baca juga: Bayern mulus tundukkan Leverkusen 4-2, selangkah lebih dekat juara

Hasil imbang membuat Leipzig tertahan di urutan ketiga klasemen dengan koleksi 59 poin, terpaut 11 poin dari Bayern Muenchen (70) di puncak dan harapan juara Werner cs boleh dibilang sudah raib.

Sedangkan Paderborn (20) di atas kertas masih bisa lolos dari zona degradasi, baik itu dengan menang empat laga beruntun dan melunasi defisit 11 poin zona aman atau merebut posisi ke-16 yang hanya berjarak delapan poin dan memenangi playoff promosi/degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.


Mainz jauhkan diri

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Commerzbank-Arena, Mainz berhasil menundukkan tuan rumah Eintracht Frankfurt 2-0 demi menjauhkan diri dari zona degradasi.

Gol Moussa Niakhate dan Pierre Malong membuat Mainz kini mengoleksi 41 poin menempati urutan ke-15 dan unggul tiga poin dari Duesseldorf (28), sedangkan Frankfurt (35) sementara tertahan di posisi ke-11.

Baca juga: Frankfurt paksa Bremen mendekam di zona degradasi

Hasil imbang yang diderita Duesseldorf dengan skor 2-2 kontra Hoffenheim di Merkur Spielarena turut menguntungkan Mainz.

Bagi Hoffenheim (43) tambahan satu poin membuat mereka untuk sementara naik ke urutan keenam alias zona Eropa.

Namun, posisi mereka bisa melorot lagi jika VfL Wolfsburg (42) menang di kandang Werder Bremen (25) pada Minggu (7/6).

Baca juga: Sancho, Akanji didenda karena tak gunakan masker saat potong rambut

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar