"Selma" gratis di platform digital dukung #BlackLivesMatter

"Selma" gratis di platform digital dukung #BlackLivesMatter

Cuplikan film "Selma" (2014). (IMDB)

Jakarta (ANTARA) - Paramount Pictures telah menggatiskan biaya sewa untuk film "Selma" garapan sutradara Ava DuVernay di semua platform digital hingga bulan Juni, seperti dilansir The Hollywood Reporter, Minggu.

Pengumuman itu muncul seiring protes global atas kebrutalan polisi setelah kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata di Minneapolis yang meminta udara ketika seorang perwira polisi kulit putih menekan satu lutut ke lehernya.

"Kami berharap gerakan kecil ini akan mendorong orang di seluruh negeri untuk memeriksa sejarah bangsa kita dan merenungkan bagaimana ketidakadilan rasial telah menginfeksi masyarakat kita," tulis Paramount.

Baca juga: Madonna ikut aksi protes kematian George Floyd meski cedera lutut

Baca juga: BTS sumbang 1 juta dolar untuk #BlackLivesMatter


"Pesan utama 'Selma' adalah pentingnya kesetaraan, martabat, dan keadilan bagi semua orang. Jelas, pesan itu sama pentingnya dengan hari ini seperti pada tahun 1965," lanjutnya.

Selma dinominasikan untuk film terbaik di Academy Awards ke-87. Film ini menggambarkan pawai hak-hak sipil 1965 dari Selma ke Montgomery, Alabama, sebagai bagian dari kampanye untuk mengamankan hak suara yang setara.

David Oyelowo berperan sebagai Dr. Martin Luther King Jr., dengan Carmen Ejogo, Tessa Thompson dan Andre Holland juga ikut membintangi.

Sebelumnya, Warner Bros juga menggratiskan sewa film "Just Mercy", yang dibintangi Jamie Foxx dan Michael B. Jordan pada bulan ini.

Sementara, Netflix melalui YouTube resminya juga akan menayangkan secara gratis film dokumenter "13th" karya DuVernay.

Pada tanggal 4 Juni, The Criterion Channel mengumumkan bahwa mereka akan menghapus biaya sewa bagi banyak film dari sineas berkulit hitam, termasuk karya Maya Angelou, Julie Dash dan William Greaves.

"Kami telah menghapus paywall di sebanyak mungkin dari judul-judul ini, jadi bahkan jika Anda bukan pelanggan, Anda dapat menontonnya secara gratis," ujarnya.

Baca juga: Facebook berjanji akan perbaiki kebijakan konten

Baca juga: Twitter non-aktifkan video Trump berikan penghormatan kepada Floyd

Baca juga: Bintang K-pop suarakan dukungan #BlackLivesMatter

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar