Jenazah anggota TNI korban heli Mil Mi-17V5 jatuh tiba di Bali

Jenazah anggota TNI korban heli Mil Mi-17V5 jatuh tiba di Bali

Penerimaan jenazah Kapten CPN I Kadek Udi Suardiasa, di Lanud Ngurah Rai, Bali, Minggu (7/6/2020). ANTARA/Ayu Khania Pranisitha/am.

Badung (ANTARA) - Jenazah anggota Kapten CPN I Kadek Udi Suardiasa, yang menjadi salah satu korban dalam peristiwa jatuhnya helikopter Mil Mi-17V5, tiba di Pangkalan Udara TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Jenazah telah kami terima hari ini. Almarhum adalah seorang penerbang pelatih yang sedang melaksanakan misinya melatih penerbang TNI AD dan kemarin mengalami musibah, dan sedang diinvestigasi penyebabnya oleh tim," kata Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, di Pangkalan Udara TNI AU Ngurah Rai, Minggu.

Ia mengatakan, almarhum Kapten CPN I Kadek Udi Suardiasa merupakan salah satu putra terbaik dari TNI AD, karena kemampuannya pada level seorang kapten sudah menjadi penerbang pelatih, yang sangat sedikit dimiliki TNI AD.

Baca juga: Heli jatuh, Danpuspenerbad: Dua prajurit masih di ICU RS Kariadi

Selama ini, almarhum Suardiasa berjasa dalam melaksanakan tugasnya mencetak penerbang-penerbang di TNI AD, khususnya penerbang helikopter.

Pangdam mengatakan bahwa jam terbang yang dimiliki almarhum Suardiasa sudah ribuan jam terbang. Untuk itu, dengan kemampuan yang dia miliki, sehingga mampu ditunjuk sebagai penerbang pelatih.

Baca juga: Danpuspenerbad pimpin pemakaman Lettu Wisnu Tia Aruni

"Tentu menjadi kebanggaan masyarakat Bali khususnya untuk keluarga bahwa almarhum mampu memberikan dedikasi yang terbaik. Seorang penerbang pelatih memiliki resiko besar, setiap misinya dia bertaruh nyawa, karena yang dia latih adalah calon penerbang. Sehingga resiko kegagalan proses latihan, itu menjadi bagian yang dihadapi almarhum. Saya sendiri menerima almarhum atas nama negara, dan nanti akan kami serahkan ke keluarga," ucap Susianto.

Selanjutnya jenazah Suardiasa akan dibawa ke rumah duka di Banjar Mawar, Desa Tukadsumaga, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Upacara pengabenan jenazah Sudiarsa akan dilaksanakan pada 10 Juni 2020.

Baca juga: Kadispenad: Heli Mil Mi-17V5 jatuh di Kendal dalam kondisi baik

Pangdam berharap agar teman-teman Suardiasa masih terus mempunyai motivasi untuk mengabdikan dirinya sesuai dengan bidang dan profesinya masing-masing.

Sebelumnya, pada Sabtu, 6 Juni 2020 helikopter angkut Mil Mi-17V5 nomor registrasi HA 5141 Pusat Penerbangan TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah dalam misi latihan terbang.

Baca juga: Enam orang sempat menyelamatkan diri dari heli yang jatuh di Kendal
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

4 personel TNI meninggal dunia dalam insiden heli jatuh di Kendal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar