Tim SAR lakukan pencarian lima orang hilang di hutan Luwu Timur

Tim SAR lakukan pencarian lima orang hilang di hutan Luwu Timur

Tim Basarnas unit siaga SAR Sorowako hendak melakukan pencarian lima orang yang dilaporkan hilang di hutan Saluro, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

pencarian oleh keluarga ke titik lokasi awal korban bermalam dan hasilnya masih nihil
Kendari (ANTARA) - Tim SAR Basarnas Kendari bersama tim gabungan melakukan pencarian terhadap lima orang yang dilaporkan hilang di hutan Saluro, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi melalui siaran pers Basarnas Kendari, Senin, mengatakan pada Minggu (7/6) pukul 20.40 Wita pihaknya menerima informasi dari Koordinator SAR Ligas, Syaifullah bahwa telah terjadi kondisi sebanyak lima orang tersesat di hutan Saluro Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur.

"Berdasarkan laporan tersebut, tim rescue Pos Unit Siaga SAR Sorowako yang masih berada di wilayah kerja Basarnas Kendari diberangkatkan dengan menggunakan mobil penyelamat membawa peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR," kata Aris.

Aris mengungkapkan, jarak Pos Unit Siaga SAR Sorowako dengan lokasi kejadian kecelakaan (LKK) sekitar 58 KM.

Baca juga: Seorang warga perbatasan hilang di hutan belantara Kalimantan

"Kronologi kejadian, keterangan pak Syaifullah, pada tanggal 3 Juni 2020 kelima orang tersebut berangkat menuju daerah Saluro pinggiran Danau Matano menggunakan perahu setelah tiba diseberang Danau Matano mereka bermalam di pondok untuk beristrahat," jelas Aris.

Kemudian pada tanggal 4 Juni 2020 pagi mereka hendak melakukan tracking ke gunung daerah Saluro yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.

"Pada tanggal 5 Juni 2020 teman-teman korban masih melihat story WhatsApp yang menyatakan bahwa mereka sedang berada di hutan daerah Saluro. Namun sampai saat ini kelima orang tersebut belum ada kabar, dan sudah dilakukan pencarian oleh keluarga ke titik lokasi awal korban bermalam dan hasilnya masih nihil," ungkap Aris.

Unsur yang terlibat dalam pencarian kelima orang tersebut di antaranya Basarnas unit siaga SAR Sorowako, BPBD Luwu Timur, Pemadam Kebakaran Luwu Timur, SAR LIGAS Luwu Timur dan masyarakat setempat

Adapun kelima orang yang dilaporkan hilang diantaranya Ayub (31), Rasad (19), Safar (17), Dullah (17), Lilang (17).

Baca juga: Tim SAR temukan seorang pemetik kelapa tersesat di hutan Bitung

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar