Medan (ANTARA) - Kementerian Kesehatan melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas 1 Medan Provinsi Sumatera Utara menggelar tes swab secara massal untuk seluruh warga kota itu.
 
Pemeriksaan hari pertama berlangsung di GBKP KM.4 Padang Bulan, Jalan Jamin Ginting, Medan pada Senin (8/6).

Baca juga: IKA Unsri-BNI inisiasi tes swab 300 tenaga kesehatan Sumatera Selatan
 
Kepala BTKL PP Kelas 1 Medan dr Rosmita Ginting mengatakan pemeriksaan tes swab ini juga bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut.
 
"Ini gebrakan kita untuk melakukan swab dan masuk langsung ke metode pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction). Kita mau cepat memutus mata rantai
penyebaran virus corona," katanya.

Baca juga: BIN komitmen bantu Surabaya tekan penyebaran COVID-19
 
Seorang medis memeriksa kesehatan salah seorang warga di Medan.


 
 
Ia menyebutkan, pemeriksaan swab massal ini akan berlangsung selama lima hari ke depan dengan target 100 orang dalam sehari.

Baca juga: Tim "COVID-19 Hunter" Jatim periksa 1.279 OTG-ODP di lima daerah

"Tujuan kita untuk Sumut bebas dari corona. Seluruh masyarakat kalau memungkinkan, kita lakukan. Jadi kita tidak mencari lagi, mencari reaktif atau segala macam, kita langsung tes swab," ujarnya.
 
Pantauan ANTARA di lokasi pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pengambilan sampel darah, pengambilan cairan dalam tenggorokan hingga pemeriksaan X-ray atau rontgen.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020