korban sudah mulai stres karena tidak dapat mengakses keluarga
Kendari (ANTARA) - Tim rescue SAR Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menemukan lima orang pecinta lingkungan yang tersesat di hutan Saluro Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Senin.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Senin mengatakan korban yang tersesat sejak Minggu (7/6) di hutan Saluro Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur ditemukan pukul 10:05 dalam keadaan selamat.

"Korban ditemukan di satu titik atau tidak terpisah-pisah. Korban sudah mulai stres karena tidak dapat mengakses keluarga untuk mengabarkan keadaan mereka," kata Aris.
Tim SAR gabungan menyeberangi Danau Matano dalam pencarian lima orang warga yang tersesat di hutan Saluro, Desa Sorowako, Luwuk Timur, Sulawesi Selatan (Foto: ANTARA/sarjono)


Lima korban yang dievakuasi di posko adalah Ayub (31), Rasad (19), Safar (17), Dullah (17) dan Lilang (17).

Stamina mereka mulai menurun karena upaya keluar dari kesulitan hingga berjalan sekitar 6,34 KM arah Barat Laut dari LKK pada ketinggian 733 MDPL.

Hari kedua pencarian dalam kondisi hujan tim SAR menyeberangi Danau Matano menggunakan Rubber Boat sejauh 12 kilometer.

Unsur-unsur yang terlibat dalam pencarian korban adalah Rescuer unit siaga SAR Sorowako, Polsek Nuha, BPBD Luwu timur, SAR Malili, Damkar Luwu timur, SAR Ligas Luwu Timur, TRC PT. Vale, Orari Luwu Timur dan masyarakat setempat.

Baca juga: Tim SAR lakukan pencarian lima orang hilang di hutan Luwu Timur

Baca juga: Seorang warga hilang di Hutan Lindung Bukit Daun ditemukan selamat


Pewarta: Sarjono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020