Film Perubahan Iklim Indonesia Diluncurkan

Jakarta (ANTARA News) - Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) bekerjasama dengan Kemitraan/Partnership meluncurkan film dokumenter tentang perubahan iklim Indonesia yang berjudul "Lakukan Sekarang Juga".

Kepala Sekretariat DNPI, Agus Purnomo dalam acara film "Lakukan Sekarang Juga" di Blitzmegaplex, Jakarta, Kamis mengatakan film ini memuat informasi tentang perubahan iklim Indonesia dan masyarakat yang langsung terkena dampak perubahan iklim seperti nelayan dan petani.

Agus mengatakan setelah pemutaran perdana film yang diprakarsai DNPI dan Kemitraan dengan dukungan dari Menteri Negara Lingkungan Hidup (Menlh) selaku Ketua Harian DNPI, akan segera dilanjutkan dengan pemutaran film in di berbagai instansi pemerintah, pengusaha, kelompok masyarakat di pusat dan daerah.

Sedangkan Chief of Cluster for Environmental and Economic Governance Kemitraan, Emmy Hafild mengatakan pihaknya mendukung kegiatan DNPI dengan mensosialisasikan perubahan iklim menggunakan film ini ke semua pihak.

"Kemitraan mendukung upaya DNPI ini agar upaya penyesuaian dan pencegahan perubahan iklim menjadi kepedulian dan kerja bersama pemerintah dan masyarakat Indonesia," kata Emmy.

Dia mengatakan sudah saatnya pemerintah melakukan pembangunan dengan berkarbon rendah atau pembangunan yang ramah lingkungan.

Emmy menilai Presiden Terpilih Susilo Bambang Yudhoyono belum memprioritaskan masalah lingkungan hidup pada program pembangunan pada periode kedua dia menjabat.

Sementara itu dalam diskusi usai pemutaran film, Guru Besar Manajemen Lingkungan ITB, Surna Tjahja Djajadiningrat mengatakan film "Lakukan Sekarang Juga" sudah kontekstual dengan permasalahan perubahan iklim yang terjadi di Indonesia.

Surna mengharapkan film ini dapat mengarusutamakan isu perubahan iklim menjadi isu bersama di masyarakat, tidak hanya milik DNPI dan KLH.

Sedangkan Ketua Program Magister Manajemen Pembangunan Sosial UI, Paulus Wirutomo mengatakan film ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang isu perubahan iklim dan aksi yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan iklim.

"Karena masyarakat masih adem ayem terhadap isu perubahan iklim. Urgensi tentang perubahan iklim di masyarakat masih rendah," katanya.

Sedangkan Delegasi Indonesia dari Tunza Internasional Children`s Conference UNEP, Adeline Tiffanie Suwana yang masih berusia 12 tahun ini melihat film "Lakukan Sekarang Juga" sangat bagus dan kontekstual terhadap permasalahan perubahan iklim di Indonesia.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009

DKI Jakarta jadi tuan rumah peluncuran proyek ketahanan perubahan iklim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar