Defisit Perdagangan AS Melebar

Defisit Perdagangan AS Melebar

Impor AS/ilustrasi. (ANTARA/Andika Wahyu)@

Washington (ANTARA News/AFP) - Defisit perdagangan AS meningkat pada Juli, karena volume perdagangan naik dan impor melonjak, data pemerintah menunjukkan Kamis di sebuah laporan yang menunjukkan ekonomi tertarik keluar dari resesi.

Departemen Perdagangan melaporkan kesenjangan perdagangan melonjak menjadi 32,0 miliar dolar AS, dari revisi 27,5 miliar dolar AS pada Juni.

Sebagian besar analis telah memperkirakan defisit yang lebih kecil dari 27,4 miliar dolar AS.

Defisit perdagangan Juli, 16,3 persen lebih tinggi dari bulan sebelumnya, persentase kenaikan terbesar sejak Februari 1999.

Laporan itu tanda lebih lanjut dari pemulihan yang baru lahir di ekonomi terbesar dunia dan di seluruh dunia dari kemerosotan terburuk dalam enam dasawarsa.

Kesenjangan perdagangan AS telah jatuh pada Mei untuk tingkat terendah sejak November 1999 karena krisis ekonomi global mencekik arus perdagangan. Pada Juli, defisit perdagangan adalah 47 persen di bawah tingkat tahun lalu.

Volume perdagangan dengan sisa dunia mencerminkan pemulihan global berlangsung. Setelah jatuh selama sembilan bulan berturut-turut dari Agustus 2008 sampai April 2009, volume melonjak 3,6 persen pada Juli, mempercepat dari nik 2,3 persen pada Juni.

Impor mencapai 159,6 miliar dolar AS, sebuah rekor peningkatan 4,7 persen dari Juni dalam data Departemen Perdagangan yang mulai diterbitkan pada tahun 1992.

Peningkatan yang terlihat di sebagian besar kategori, dipimpin oleh lonjakan 21,5 persen dalam impor otomotif dan komponennya. Pasokan industri naik 3,9 persen, barang konsumen naik 5,0 persen dan barang modal naik 4,5 persen. Impor makanan yang pengecualian, jatuh 0,9 persen.

Kesenjangan perdagangan dengan China yang sensitif secara politis, melebar tajam, karena impor meningkat dengan kecepatan yang paling kuat sejak November 2008, mendorong defisit menjadi 20,4 miliar dolar AS.

Kritikus menuduh China, mitra dagang terbesar kedua Amerika Serikat setelah Kanada, dari memanipulasi mata uang yuan untuk meningkatkan perdagangan yang tidak adil.

Ekspor juga meningkat pada bulan Juli, menjadi 127.6 miliar dolar AS, meningkat 3,2 persen dari bulan Juni yang merupakan kenaikan terkuat sejak Mei 2008. Peningkatan ini didorong sebagian oleh kenaikan 2,4 persen barang modal dan melompat 24,5 persen di otomotif dan komponen.

Defisit minyak Juli naik sedikit, dengan 600 juta dolar AS dari Juni, menjadi 17,9 miliar dolar AS.

Harga rata-rata impor minyak mentah naik untuk kelima bulan berjalan, menjadi 62,48 dolar AS per barel, sebuah kenaikan 59 persen dari Februari.

Defisit perdagangan dengan Kanada naik menjadi 2,2 miliar dolar AS dari 1,5 miliar dolar AS pada Juni dan bahwa dengan 27 negara Uni Eropa melompat menjadi 8,0 miliar dolar AS dari 4,5 miliar dolar AS.

Dengan Jepang, defisit meningkat menjadi 3,9 miliar dolar AS dari 3,7 miliar dolar AS.

Defisit dengan Meksiko, sebaliknya, menyusut menjadi 2,9 miliar dolar AS dari 3,4 miliar dolar AS.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Presiden perintahkan jajarannya manfaatkan perang dagang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar