Samarinda (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah sembilan pasien baru berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Senin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan dengan tambahan sembilan kasus baru tersebut menjadikan jumlah total kasus positif COVID -19 di Kaltim menjadi 338 kasus.

"Ada sembilan tambahan kasus baru terkonfirmasi positif, delapan kasus terjadi di wilayah Kutai Kartanegara dan satu kasus lainnya di Berau," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda, Senin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu membeberkan delapan kasus positif di Kukar yakni KKR 52 (Wanita 41 tahun) merupakan kasus ODP transmisi lokal Kutai Kartanegara yang saat ini dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara.

Sedangkan tujuh kasus lainnya yakni  KKR 53 (Laki-laki 30 tahun), KKR 54 (Laki-laki 30 tahun), KKR 55 (Laki-laki 30 tahun, KKR 56 (Laki-laki 30 tahun), KKR 57 (Laki-laki 30 tahun), KKR 58 (Laki-laki 31 tahun), KKR 59 (Laki-laki 41 tahun)) merupakan kasus OTG yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara. Mereka semua dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Sementara satu kasus di Berau yakni BRU 37 (Laki-laki 30 tahun) merupakan OTG yang akan kembali bekerja di Berau. Dia dirawat di RSUD Abdul Rivai Berau sejak terkonfirmasi COVID-19 pada hari ini.

Baca juga: Perusahaan batu bara di Kaltim bantu 20 ribu alat rapid test COVID-19
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim bertambah dua jadi 175 orang


Andi menerangkan, Gugus Tugas telah berupaya memperketat masuknya warga luar, ke Kalimantan Timur, seperti di Balikpapan yang memberlakukan syarat uji PCR.

"Tidak menutup kemungkinan di Samarinda, juga akan diberlakukan seperti itu,” ujar Andi.

Pada kesempatan itu Andi Muhammad Ishak juga menginformasikan adanya penambahan tiga pasien sembuh dengan rincian dua berada di Kutai Barat dan satu lainnya di Kutai Timur.

"Saat ini jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 213 orang, sementara 122 orang masih menjalani perawatan medis dan tiga lainnya dinyatakan meninggal dunia," tegasnya.

Baca juga: COVID-19 masih mengancam, pejabat Balikpapan tak gelar kriya Lebaran
Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan 5.500 paket sembako untuk masyarakat Bontang
Baca juga: Protokol terapi pasien COVID-19 diterapkan RSUD Penajam Paser Utara


 

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020