kami juga akan memberikan stimulus kepada kampung tangguh
Sidoarjo (ANTARA) - Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bertambah sebanyak 20 orang sehingga saat ini totalnya mencapai 775 orang pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman dalam keterangan tertulisnya di Sidoarjo, Senin mengatakan jumlah pasien itu berasal dari sembilan kecamatan.

Tambahan itu dari Kecamatan Sidoarjo 3 orang, Kecamatan Buduran 1 orang, Kecamatan Gedangan 2 orang, Kecamatan Tanggulangin 1 orang, Kecamatan Taman 2 orang, Kecamatan Tulangan 2 orang, Kecamatan Krian 2 orang, Kecamatan Sedati 4 orang, dan Kecamatan Waru 3 orang.

Baca juga: Tambah 38, kasus positif COVID-19 di Sidoarjo-Jatim naik 755 orang
Baca juga: BIN layani tes COVID-19 di Wonocolo Sidoarjo


Ia mengatakan, gugus tugas COVID-19 di Sidoarjo menyiapkan mesin PCR COVID-19 dalam kontainer yang ditempatkan di pintu utama Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk mempercepat pemeriksaan mereka yang pernah kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Pekan ini sudah mulai dilaksanakan tes cepat dan juga swab kepada masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan mesin bantuan dari BNPB pusat itu diharapkan dapat menyapu bersih pergerakan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Sidoarjo.

"Kami mendorong kepada masyarakat supaya mereka proaktif kepada pemerintah untuk membantu percepatan penanganan COVID-19," katanya.

Baca juga: Dinkes Sidoarjo siapkan mesin PCR COVID-19 dalam kontainer
Baca juga: "Kampung Tangguh Semeru" diapresiasi ikut tekan penyebaran COVID-19


Di sisi lain, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan pihaknya menggenjot keberadaan kampung tangguh sebagai bentuk upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kami juga akan memberikan stimulus kepada kampung tangguh di Sidoarjo sebagai bentuk apresiasi kami," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan kampung tangguh Semeru itu sendiri memiliki peranan penting untuk mencegah COVID-19 sejak dari lingkungan paling kecil.

"Nantinya masyarakat sendiri yang memberikan edukasi dan juga peringatan kepada masyarakat lainnya, karena ini merupakan salah satu cara pagi efektif untuk mengantisipasi merebaknya virus corona atau COVID-19," katanya.

Baca juga: Sidoarjo siapkan new normal melalui PSBB berbasis desa
Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo perkuat peranan desa

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020