Pemprov Sumbar bantah Gubernur dan Wagub terpapar COVID-19

Pemprov Sumbar bantah Gubernur dan Wagub terpapar COVID-19

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit negatif COVID-19. ANTARA/Pemprov Sumbar/am.

Tidak benar informasi yang menyebut dua pimpinan daerah positif COVID-19
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membantah kabar yang menyatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit positif terpapar COVID-19.

"Hasil tes swab Gubernur dan Wagub negatif. Tidak benar informasi yang menyebut dua pimpinan daerah positif COVID-19," kata Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman di Padang, Selasa.

Baca juga: Polda Sumbar salurkan 10 ton beras untuk masyarakat terdampak COVID-19

Ia mengakui Gubernur dan Wagub Sumbar  beberapa kali melakukan tes swab, tetapi bukan karena terindikasi COVID-19. Hal ini dilakukan rutin oleh tim kesehatan untuk mengecek kesehatan pimpinan daerah yang berisiko terinfeksi.

"Dua pimpinan daerah sering memasuki zona berbahaya yang potensial menginfeksi manusia. Seperti ke ruang isolasi, mengunjungi berbagai rumah sakit, pasar-pasar, daerah perbatasan dan lain-lain. Karena itu perlu tes untuk memastikan kondisi," katanya.

Baca juga: Petugas lapas positif COVID-19 diisolasi ke BKPSDM Sumbar

Sebelumnya muncul kabar hoaks yang menyebutkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar positif terpapar COVID-19. Hoaks itu didasarkan pada fakta bahwa dua pimpinan daerah melakukan beberapa kali tes swab. Selain itu, pengawal pribadi Wakil Gubernur dari unsur Satpol PP juga dinyatakan positif COVID-19.

Namun setelah tes swab, dipastikan dua pimpinan daerah itu negatif COVID-19 dan masih tetap beraktivitas dan menjalankan tugas seperti biasa.

Baca juga: Ada yang positif, pegawai Lapas Terbuka Pasaman-Sumbar tetap bekerja

Sementara itu data hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi, dari 1.328 spesimen yang diterima dan terperiksa dari berbagai rumah sakit di Sumbar, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi COVID-19 sebanyak 18 orang dan semuanya dari Kota Padang.

Dengan demikian, total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 sampai Selasa ini adalah 644 orang.

Baca juga: Sumatera Barat berlakukan tatanan normal baru mulai 8 Juni

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Restrukturisasi kredit terdampak COVID-19 di Sumbar capai Rp8,4 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar