Medan (ANTARA) - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah menyatakan dalam rangka HUT ke-70 Kodam tidak dilakukan secara kegiatan besar-besaran, tetapi dialihkan dengan memberikan bantuan kemanusiaan dengan melakukan donor darah.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini akan memberikan manfaat bagi kita dan orang lain," ucap Fadhilah, dalam sambutannya pada acara bakti sosial donor darah menjelang perayaan HUT ke-70 Kodam I/BB, di Makodam, Medan, Selasa.

Kegiatan donor darah digelar secara serentak di empat provinsi yang menjadi wilayah Kodam I/BB, yakni Sumut (Makodam I/BB, Korem 022/PT, dan Korem 023/KS), Riau (Korem 031/WB), Sumbar (Korem 032/WBR), dan Kepri (Korem 033/WP).

Pangdam mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian para Prajurit dan PNS Kodam I/BB yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

Baca juga: Pangdam I/BB harap prajurit Yonif Raider 100/PS tingkatkan kemampuan

Baca juga: Pangdam I/Bukit Barisan: Babinsa ujung tombak TNI AD


"Ini merupakan kegiatan yang mulia, karena setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya," ucapnya.

Ia mengingatkan, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, kepada penyelenggara dan para peserta donor darah untuk senantiasa menerapkan disiplin Protokol Kesehatan.

"Saya mengajak kita semua untuk menjadi duta-duta yang mampu memberikan contoh dan tauladan, khususnya masyarakat Sumut agar mematuhi anjuran pemerintah tentang penerapan pola hidup sehat, penggunaan masker dan physical distancing, serta menghindari kerumunan manusia," katanya.

Fadhilah menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama Rumah Sakit Putri Hijau Medan dan PMI, serta para peserta donor darah.

"Kegiatan donor darah tersebut diharapkan tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun perlu lebih dibudayakan, serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis, baik yang dilakukan secara bersama-sama maupun perorangan," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Turut melakukan donor darah tersebut, yakni Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Ketua Persit KCK PD I/BB Ny Trisasanti MS Fadhilah, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, para Asisten Kasdam I/BB, Danpomdam I/BB,Dandim 0201/BS, serta ratusan Prajurit dari lingkungan Kodam I/BB maupun Satuan BS di wilayah Medan.*

Baca juga: Pangdam Bukit Barisan tinjau 14 Roket Astros di Natuna

Baca juga: Pangdam I/BB: Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020