Piala Dunia Sepak Bola U20

PSSI ingin timnas U-19 bentuk kerangka tim untuk Piala Dunia U-20

PSSI ingin timnas U-19 bentuk kerangka tim untuk Piala Dunia U-20

Para pemain tim nasional U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) virtual pada Rabu (27/5/2020) dari tempat masing-masing yang dipimpin oleh manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong. Kegiatan ini sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung pada 14-30 Oktober di Uzbekistan.  (PSSI)

Timnas senior juga menjadi perhatian serius PSSI karena berhubungan dengan ranking FIFA
Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan bahwa pihaknya ingin jajaran pelatih tim nasional U-19 segera membentuk kerangka tim untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang berlangsung di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa, hal itu disampaikan Indra Sajfri dalam koordinasi program timnas Indonesia di hadapan petinggi PSSI termasuk Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa.

"Kami dari Departemen Teknik ingin timnas U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 segera membentuk kerangka tim. Program periodisasi persiapan timnas U-19 segera dibuat hingga event dimulai," ujar Indra.

Baca juga: AFC: pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 dilakukan 18 Juni

Timnas U-19 Indonesia yang dilatih juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-Yong saat ini terus melakukan pemusatan latihan (TC) virtual.

Kegiatan itu dilakukan sejak 14 Mei 2020 dan diikuti oleh 44 pemain.

Namun, sebelum ke Piala Dunia U-20 tahun 2021, timnas U-19 akan terlebih dahulu berlaga di Piala Asia U-19 pada 14-31 Oktober 2020 di Bahrain.

Indra Sjafri melanjutkan, selain timnas U-19, Departemen Teknik PSSI juga memerhatikan serius persiapan timnas senior yang akan menjalani tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Timnas Indonesia, yang juga ditangani Shin Tae-Yong, akan menghadapi tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Baca juga: 44 pemain ikuti TC virtual timnas U-19
Baca juga: Pelatih: intensitas latihan timnas U-19 terus ditingkatkan


Meski tak ada peluang lolos karena sampai saat ini Indonesia berada di posisi terakhir klasemen grup karena selalu kalah dalam lima laga, PSSI tetap mau skuat Garuda mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

"Timnas senior juga menjadi perhatian serius PSSI karena berhubungan dengan ranking FIFA. Pemusatan latihan jangka pendek tidak dianjurkan karena alasan kesehatan dan izin keluar masuk pemain," tutur Indra.

Bukan hanya timnas U-19 dan senior, dalam pertemuan dengan petinggi PSSI, Indra Sjafri juga memaparkan program rencana untuk tim nasional U-16 dan timnas putri.

Menanggapi penyampaian Indra, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan dukungannya.

"PSSI tentu mendukung program yang terbaik untuk timnas Indonesia apalagi tahun depan kita akan berlaga di Piala Dunia U-20. Tentu kami ingin berprestasi di setiap ajang yang diikuti. Namun kami juga harus melihat situasi masa pandemi COVID-19 untuk melakukan program timnas terutama saat pemusatan latihan," ujar Iriawan.

Baca juga: PSSI pastikan jadwal Piala Dunia U-20 tahun 2021 belum berubah
Baca juga: Persiapan timnas Piala Dunia U-20 tetap harus baik

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PSSI tinjau kesiapan Palembang jelang Piala Dunia U-20

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar