DKI perpanjang penyaluran bansos hingga Desember 2020

DKI perpanjang penyaluran bansos hingga Desember 2020

Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang
penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada warga DKI Jakarta hingga Desember 2020.

Hal itu selaras dengan pemerintah pusat yang telah lebih dulu memperpanjang penyalurannya.

"Sesuai arahan dari pimpinan bahwa DKI Jakarta juga tetap akan memberikan bansos. Waktunya sejalan dengan pemerintah pusat sampai Desember," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa.

Pemda DKI telah menyiapkan biaya tak terduga (BTT) sekitar Rp5,3 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk bansos hingga Desember.

"Sekitar Rp5,3 triliun. Mungkin dari alokasi itu sudah diperhitungkan oleh BPKD untuk kami tetap bisa memberikan bansos seperti halnya pemerintah pusat sampai Desember," ujar dia.

Baca juga: Hasil tes 5 warga Paseban reaktif
Baca juga: Damkar DKI mendisinfeksi Pasar Senen


Kendati demikian, untuk teknis penyaluran bansos tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih melakukan pembahasan. Sehingga dia belum mengetahui secara rinci teknis penyaluran bantuan itu.

Pemprov DKI Jakarta, kata Irmansyah, akan mengkoordinasikan hal ini kepada pemerintah pusat supaya distribusi bantuan itu bisa berjalan beriringan dan tidak tumpang tindih.

Secara teknis, ujar dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) terkait bentuk bansos yang akan diberikan kepada masyarakat.

"Secara teknis, kami akan komunikasikan dengan Kemensos agar betul-betul DKI dengan Kemensos sejalan," katanya.

Hingga kini, kata mantan Bupati Kepulauan Seribu menyebutkan, pemberian bansos terus dilakukan dan akan berakhir pada Juli mendatang.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PMI Cirebon gelar layanan vaksinasi tanpa turun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar