Jakarta (ANTARA) - Sudah hampir dua dekade sejak Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss bermain sebagai Neo dan Trinity dalam trilogi "The Matrix". Bahkan, kedua bintang film tersebut berpikir bahwa mereka tidak akan pernah kembali sebagai lakon utama dalam film "Matrix 4".

"Saya tidak pernah berpikir bahwa itu akan terjadi. Itu tidak pernah ada dalam radar saya sama sekali," kata Moss dikutip dari Indie Wire, Rabu.

Baca juga: Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss bintangi "Matrix 4"

Baca juga: Pencipta "The Matrix" bikin serial fiksi ilmiah


Reeves dan Moss tidak hanya kembali untuk "The Matrix 4", tetapi salah seorang pencipta waralaba, Lana Wachowski pun akan kembali. Skrip "The Matrix 4" ditulis bersama oleh Wachowski, Aleksandar Hemon, dan novelis "Cloud Atlas" David Mitchell.

Wachowski menangani tugas pembuatan film solo setelah memimpin dan menyutradarai trilogi sebelumnya dengan saudarinya, Lilly. Skenarionya cukup kuat untuk membuat kesepakatan bagi Moss dan Reeves ingin kembali.

"Ketika skrip itu dibawa kepada saya, dengan kedalaman yang luar biasa dan semua integritas dan kesenian yang dapat dibayangkan, saya merasa bahwa itu seperti sebuah hadiah. Sangat menarik," kata Moss.

Sang lakon utama, Keanu Reeves pun sepakat dengan Moss. "Lana Wachowski menulis naskah yang indah dan kisah indah yang selaras dengan saya."

"Itulah satu-satunya alasan untuk melakukannya. Bekerja dengan dia lagi sungguh menakjubkan. Itu benar-benar istimewa, dan ceritanya, saya pikir, memiliki beberapa hal yang bermakna untuk dikatakan," ujar Reeves melanjutkan.

Rincian plot untuk "The Matrix 4" masih dirahasiakan, meskipun ada desas-desus yang berputar-putar bahwa perjalanan waktu akan kembali hadir, dan iterasi yang lebih muda dari karakter Morpheus terlibat.

Rekan sesama rekan "Matrix" dari Reeves dan Moss, Jada Pinkett Smith, akan kembali ke sekuel keempat, sementara terdapat pula bintang baru, termasuk aktor "Watchmen" -- Yahya Abdul-Mateen II, Neil Patrick Harris, Priyanka Chopra, dan Jessica Henwick.

Film ini telah menyelesaikan produksinya di San Francisco awal tahun ini dan akan menuju ke Berlin, namun pembuatan film harus ditunda sementara.

Sutradara "John Wick", Chad Stahelski dan David Leitch adalah koordinator aksi pada trilogi "Matrix" original, dan mengatakan pada bulan April bahwa mereka membantu dalam "The Matrix 4".

Sementara itu, Warner Bros menjadwalkan akan merilis "The Matrix 4" di bioskop Amerika Serikat pada 21 Mei 2021.


Baca juga: Dua filmnya tayang, 21 Mei 2021 jadi "Hari Keanu Reeves"

Baca juga: Priyanka Chopra akan bintangi "Matrix 4"

Baca juga: "Matrix 4" akan kembali syuting di Berlin awal Juli

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020