Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia menyerahkan dua unit Kijang Innova ambulans dan 3.000 Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari protection clothes, disposable medical mask, medical goggle, face shield, dan disposable mask kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, Jawa Barat.

Hal itu dilakukan sebagai langkah berkesinambungan dalam menghadapi pandemi COVID-19, setelah menyerahkan 9,5 ton beras pada Mei 2020.

"Kami menyampaikan simpati mendalam kepada semua pihak terdampak COVID-19, serta penghargaan tinggi dan tulus kepada Pemda Karawang yang memberikan yang terbaik bagi kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter dalam siaran pers, Selasa (9/6) malam.

"Kami berharap bantuan tidak seberapa berupa unit kendaraan ambulans, peralatan APD, dan beras sebagai bahan pangan pokok masyarakat ini dapat membantu warga di Karawang," ujar Edward Otto Kanter.

Bantuan diserahkan Edward Otto Kanter kepada Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Kantor Bupati Kabupaten Karawang, yang disaksikan jajaran pejabat pemerintahan Kabupaten Karawang terkait dan direksi TMMIN lainnya.

Mereka juga bekerja sama dengan bidang akademis seperti Universitas Indonesia dan beberapa supply chain Toyota dalam pengembangan berbagai APD seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.

Sebelumnya dari total 17 unit Kijang Innova ambulans yang dikirimkan ke berbagai instansi, Toyota menyerahkan 9 unit Kijang Innova ambulans kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Pemda DKI Jakarta, bersama diler, supply chain, dan afiliasi.

Mereka juga menyerahkan 105.000 APD, 34.800 face mask, paket bahan pokok dan kebutuhan kebersihan diri seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan diler di seluruh Indonesia.



Baca juga: Komunitas Wuling sambut normal baru di panti asuhan

Baca juga: Toyota Indonesia siapkan layanan mobilitas kirim spesimen COVID-19

Baca juga: Velozity berikan donasi ke 11 kebun binatang di Indonesia
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020