Liga Champions

Madrid kembali berambisi jadi tuan rumah final Liga Champions

Madrid kembali berambisi jadi tuan rumah final Liga Champions

Arsip - Pernak pernik jelang pertandingan 16 besar Liga Champions antara Real Madrid melawan Manchester City di depan stadion Santiago Bernabeu, Rabu (26/2/2020). ANTARA FOTO/Reuters/PA Images/Nick Potts/pras.

Jakarta (ANTARA) - Walikota Madrid berjanji bakal memberikan dukungan total apabila kotanya dipertimbangkan sebagai calon tuan rumah final Liga Champions tahun ini.

Pertandingan itu semula akan dimainkan di Stadion Olimpiade Ataturk di Istanbul, Turki pada 30 Mei sebelum akhirnya Liga Champions ditunda pada Maret dengan hanya setengah dari 16 pertandingan terakhir yang bisa terselesaikan.

Final pada musim lalu digelar antara Liverpool dan Tottenham di Stadion Atletico Madrid, Wanda Metropolitano. Sementara Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu, menjadi tuan rumah final musim 2010 antara Inter Milan dan Bayern Munich.

Baca juga: Presiden UEFA berharap Liga Champions dapat diselesaikan akhir Agustus
Baca juga: Dua tahun silam, Zidane torehkan tinta emas di Liga Champions

"Saya tahu langkah-langkah sedang diambil dalam hal ini dan atas nama dewan kota, saya ingin menunjukkan dukungan total dan absolut saya untuk final Liga Champions yang diadakan di Madrid," kata Walikota Jose Luis Martinez-Almeida kepada saluran televisi Spanyol Trece.

Spanyol mengklaim telah mampu mengendalikan virus corona dalam beberapa pekan terakhir dan Madrid memasuki fase dua atau tahap terakhir dari program de-eskalasi pemerintah, pada Senin.

Namun secara keseluruhan tercatat ada lebih dari 27.000 kematian yang disebabkan oleh virus corona di negara itu.

"Saya pikir menyelenggarakan acara internasional seperti final Liga Champions sangat penting, terutama dalam keadaan sekarang ini," tambah Almeida.

"Apa yang akan ditunjukkannya adalah kemampuan Madrid untuk pulih dalam waktu yang sangat singkat dari situasi dramatis yang bisa kita lalui."

Baca juga: Gagal penuhi FFP, UEFA larang Tranbzonspor ikut kompetisi Eropa
Baca juga: Messi lihat peluang Barca juarai Liga Champions sangat kecil


Almeida menambahkan "kondisi keamanan memadai, kami memiliki infrastruktur dan layanan publik untuk menampungnya dan itu akan mengirim pesan kepada dunia bahwa Madrid, terlepas dari apa yang telah kami alami, tidak menyerah dan siap kembali lagi."

UEFA belum mengkonfirmasi bagaimana atau apakah turnamen ini akan berlanjut, dengan pembaruan yang diharapkan setelah pertemuan komite eksekutif UEFA pada 17 Juni.

BBC di Inggris melaporkan pada Selasa bahwa Lisbon menjadi favorit untuk tuan rumah turnamen fase gugur delapan tim Liga Champions pada Agustus, sambil menunggu persetujuan UEFA.

Tidak satu pun dari dua tim kota itu - Benfica dan Sporting Lisbon - lolos di kompetisi itu tetapi kedua markas mereka mampu menjadi tuan rumah pertandingan tingkat atas. Sementara itu sebagian besar pembatasan virus akan dihapus bulan ini.

Liga domestik seperti La Liga di Spanyol dan Liga Premier di Inggris juga akan diselesaikan pada bulan Juli, sehingga memungkinkan kompetisi Eropa untuk dilanjutkan pada bulan berikutnya, demikian dikutip dari AFP.

Baca juga: PSG bakal mengungsi untuk gelar laga kandang Liga Champions
Baca juga: Petinggi FIFA lempar wacana geser periode dimulainya kompetisi Eropa

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Membentuk generasi pemain bola yang sportif sejak usia dini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar