Jakarta (ANTARA) - Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan menanamkan karakter tangguh pada anak sangat penting untuk melewati masa-masa normal baru di tengah perjuangan melawan pandemi virus corona baru (COVID-19).

"Dengan mengembangkan karakter tersebut sejak dini, anak akan mulai terbiasa untuk lebih cepat beradaptasi dalam menghadapi tantangan. Mereka juga bisa belajar memberikan rasa empatinya serta memiliki mental yang kuat untuk senantiasa bangkit dari situasi yang tidak menguntungkan," kata Vera dalam keterangan pers di Jakarta pada Rabu.

Menurut Vera, karakter tangguh atau resilient bisa meningkatkan kemampuan sang anak untuk lebih memahami orang lain.

"Hal itu juga membuatnya tergerak untuk melakukan sesuatu hal positif yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain," kata psikolog lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tersebut.

Vera mengatakan di masa yang penuh dengan ketidakpastian saat ini dapat menimbulkan rasa kecemasan berlebih bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Oleh sebab itu orang tua harus benar-benar menguatkan anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Baca juga: Sejak pandemi, aktivitas anak main game komputer berkurang

Baca juga: Dokter: Jangan tunda imunisasi anak


"Penting bagi orangtua untuk mengembangkan kekuatan di dalam diri anak agar bisa beradaptasi dalam menghadapi beragam tantangan kehidupan. Terlebih seperti situasi yang dialami pada masa pandemi ini," kata Vera.

Senada dengan itu, produk biskuit Biskuat menghadirkan kampanye #BisaKuat untuk mengajak anak-anak Indonesia berbagi semangat kekuatan baik kepada seluruh masyarakat untuk bersama menghadapi pandemi COVID-19.

"Dengan hadirnya kampanye ini diharapkan anak-anak mampu berbagi semangat kepada orang lain dalam menghadapi beragam tantangan kehidupan, dan menanamkan karakter yang tangguh atau resilien yang diantaranya dengan menguatkan orang lain. Ini sekaligus menginspirasi orang tua bahwa anak-anak pun dapat menjadi agent of change serta mampu menghadapi berbagai situasi yang sulit," kata Maggie Effendy, Head of Biscuit Mondelez Indonesia.

Untuk berpartisipasi dalam kampanye, anak-anak bisa mengunduh template yang ada pada link bit.ly/BisaKuat.

Selanjutnya mereka dapat menuliskan pesan #BisaKuat yang akan ditujukan kepada pahlawan keluarga yang masih bekerja di luar, kemudian membagikan pesan tersebut melalui Instagram dengan tagar #BisaKuat dan tag @biskuatindonesia.

Baca juga: Psikolog: orang tua tak perlu memaksakan diri jadi guru

Baca juga: Stres saat pandemi, bukan alasan untuk lakukan kekerasan pada anak

Baca juga: ZAP Clinic hadirkan layanan khusus untuk imunisasi anak

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020