E-Sport

72 pemain Liga 1 duel di Mobile Legends dan PUBG Mobile

72 pemain Liga 1 duel di Mobile Legends dan PUBG Mobile

General Manajer Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman (kiri) dan CEO Mahaka Sports Group Cahyadi Wanda (kanan) saat telekonferensi pers turnamen Esports Superstars Battle #BintangBolaLawanCovid19, Rabu (10/6). (ANTARA/Tangkapan layar Mahaka Sports)

Ini sebagai wujud nyata pesepakbola untuk negeri ini, setelah sebelumnya melalui lelang jersey
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 72 pemain Liga 1 Indonesia akan bertanding dalam dua arena esports yakni Mobile Legends dan Player Unknown BattleGrounds (PUBG) Mobile yang diselenggarakan untuk mengisi kekosongan waktu imbas ditangguhkannya kompetisi akibat pandemi COVID-19.

Kejuaraan yang bertajuk "Esports Superstars Battle #BintangBolaLawanCovid19", ini diinisiasi oleh Mahaka Sports yang juga salah satu tujuannya untuk mengumpulkan donasi membantu para petugas medis dalam menangani virus berbahaya tersebut.

"Even ini kami inisiasi beberapa bulan lalu saat pandemi menyerang Indonesia. Banyak pihak yang terdampak COVID-19 ini tapi kita harus tetap berkreativitas tapi tetap di rumah saja," ujar CEO Mahaka Sports Group Cahyadi Wanda saat mengelar konferensi pers virtual, Rabu.

Adapun para pemain bola profesional yang ikut serta dalam kejuaraan itu seperti Hamka Hamzah, Gian Zola, Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, Nadeo Argawinata, hingga Ricardo Salampessy.

Mereka yang ikut bukanlah pemain yang asing terhadap dua arena esports itu. Bahkan saat tim diliburkan dan harus di rumah saja, mereka kerap menggelar main bareng (mabar) dengan sesama pemain maupun fans, hal ini seperti yang sering dilakukan Hamka Hamzah.

Baca juga: Lika-liku perkembangan industri game Indonesia

"Selama ini sudah banyak (pemain) yang menggelar turnamen PES/FIFA tapi turnamen PUBG dan Mobile Legends yang melibatkan pemain bola ternyata jarang. Akhirnya inilah yang membuat mereka mendukung dua game ini, dan kita sudah diskusi dan riset, mereka juga banyak yang sudah memiliki tim di dua gim ini," kata dia.

Kejuaraan gim ini akan mulai berlangsung setiap akhir pekan yang diawali Mobile Legends pada 13-14 Juni, sementara PUBG Mobile akan digelar pada 20-21 Juni dengan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp270 juta.

"Setiap juara pertama akan mendapatkan Rp40 juta, tapi intinya seluruh pemain yang terlibat juga akan mendapatkan Income," kata dia.

Baca juga: Esport menanti kepastian menuju pengakuan

Baca juga: EVOS dan RRQ Esports wakili Indonesia di MLBB World Championship 2019


Sementara itu, General Manajer Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman mengatakan turnamen ini bukan hanya sebatas hiburan semata, namun juga medium penggalangan donasi. Penonton atau masyarakat bisa berdonasi melalui akun yang akan disiapkan oleh pihak penyelenggara.

"Akan ada donasi untuk penanganan COVID-19, ini sebagai wujud nyata pesepakbola untuk negeri ini, setelah sebelumnya melalui lelang jersey. Ini juga sebagai komitmen dari Mahaka dan pemain untuk bisa tetap memberikan hiburan bagi masyarakat," kata dia.

Seluruh pertandingan akan dimulai pukul 17.00 WIB dan ditayangkan melalui platform Maxstream serta Youtube Revival TV.

Baca juga: Indonesia Gaming League 2020 tandingkan FIFA dan PES

Baca juga: Dua gamer Indonesia unjuk gigi di MotoGP eSport Global Series 2020

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Liga Muslim Dunia sebut Museum Rasulullah bukti moderasi Islam Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar