Liga Inggris

Liverpool, Everton diizinkan mainkan laga kandang di markas sendiri

Liverpool, Everton diizinkan mainkan laga kandang di markas sendiri

Suasana Stadion Anfield yang menjadi markas klub sepak bola Liverpool di Liverpool, Inggris, Jumat (13/3/2020). Semua pertandingan sepak bola elit di Inggris, termasuk Liga Premier, Piala EFL dan Liga Sepak Bola Wanita (WSL) ditangguhkan hingga 4 April mendatang pada hari Jumat karena pandemi virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Jason Cairnduff

Jakarta (ANTARA) - Liverpool dan Everton diizinkan untuk memainkan sisa laga kandang Liga Premier Inggris 2019/20 di markas masing-masing tanpa penonton setelah sempat timbul kekhawatiran timbulnya kerumunan di luar stadion, yang bertentangan dengan praktik jaga jarak mencegah persebaran COVID-19.

Selain itu, kelompok penasihat keselamatan dewan kota Liverpool sudah menyetujui kelangsungan Derbi Merseyside Everton menjamu Liverpool di Stadion Goodison Park pada 21 Juni, demikian dilaporkan kolumnis The Times, Paul Joyce, pada Rabu.

Dengan demikian, selain Derbi Merseyside, Everton diperbolehkan menggelar empat sisa laga kandang lagi di Goodison Park musim ini dari total sembilan pertandingan yang belum mereka jalani.

Baca juga: Wali Kota Liverpool dukung Derbi Merseyside di Goodison Park

Jumlah sisa empat laga kandang juga akan dimiliki Liverpool, termasuk menjamu Crystal Palace pada 25 Juni, yang berpeluang jadi pertandingan penentu gelar juara.

Sebelumnya, pihak kepolisian Inggris sempat menyatakan bahwa laga-laga kandang sejumlah tim seperti Liverpool perlu dialihkan ke arena netral demi mencegah kerumuman suporter di luar stadion.

Secara spesifik pihak kepolisian juga sempat menyebut Derbi Merseyside antara Everton menjamu Liverpool dalam laga pekan ke-30 sebagai salah satu pertandingan yang perlu dialihkan.

Belakangan Wali Kota Liverpool Joe Anderson menyatakan dukungan agar Derbi Merseyside tak perlu dialihkan dari Goodison Park, sebab situasi sudah membaik ketimbang sebelumnya serta pihak kedua klub sama-sama sudah berkomitmen terus menanamkan pemahaman kepada para suporternya tentang pentingnya tidak membuat kerumunan di luar stadion.

Baca juga: Belum termasuk dampak corona, klub-klub Inggris sudah rugi Rp1 triliun

Liga Premier Inggris tertangguhkan sejak pertengahan Maret karena pandemi COVID-19 dan rencananya kembali dilanjutkan mulai 17 Juni dengan dua laga yang sebelumnya sudah tertunda yakni Aston Villa vs Sheffield United dan Arsenal vs Manchester City.

Apabila Man City kalah melawan Arsenal, Liverpool yang unggul 25 poin di puncak klasemen bisa memastikan gelar juara dengan memenangi Derbi Merseyside.

Baca juga: Jurgen Klopp sarankan parade juara Liverpool diadakan musim depan
Baca juga: Rangkaian tes COVID-19 lanjutan Liga Premier nol kasus positif

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar