sektor ini berpotensi menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pada kuartal III 2020
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta kepada pemerintah untuk mengontrol masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak fisik, sehingga roda perekonomian dapat berjalan.

Menurut Fadel, mengontrol protokol kesehatan memerlukan perangkat hukum dan ketegasan dari aparat pemerintah.

"Dengan mematuhi protokol kesehatan, roda ekonomi bisa berjalan, tanpa mengabaikan kesehatan," kata Fadel lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Rabu.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengatakan, dengan dibukanya berbagai aktivitas tempat umum, maka sektor perdagangan diperkirakan dapat kembali pulih.

Pada masa lebaran lalu, lanjutnya, sektor perdagangan tidak mendapatkan momentum seperti di tahun-tahun sebelumnya.

“Nah, di masa transisi PSBB ini, dengan dibukanya aktivitas perbelanjaan pada pertengahan Juni mendatang, maka sektor ini berpotensi menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pada kuartal III 2020. Meskipun, masih akan terbatas," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Fadel juga mengapresiasi upaya pemerintah menunda kebijakan normal baru di sekolah, karena kesehatan anak-anak Indonesia harus tetap dijaga dari terinfeksi virus COVID-19.

"Kami sudah menyarankan Kementerian Pendidikan untuk menunda anak masuk sekolah seperti biasanya. Kesehatan mereka harus dijaga karena mereka adalah masa depan bangsa," katanya.


Baca juga: Sultan HB X: Ekonomi dan protokol kesehatan saling melengkapi

Baca juga: GWK Cultural Park siapkan protokol kesehatan sambut nomal baru

Baca juga: Disnakertrans-E keluarkan SK kuatkan protokol kesehatan PSBB transisi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020