Kepada perwakilan ASEAN, Kemensos paparkan upaya mitigasi COVID-19

Kepada perwakilan ASEAN, Kemensos paparkan upaya mitigasi COVID-19

Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara (tengah) mengikuti rapat virtual Menteri Sosial se-ASEAN di Jakarta, Rabu (10/6/2020). (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Masing-masing negara memberikan catatan terutama kasus di negara mereka
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah upaya mitigasi pandemi COVID-19 yang telah dan akan dikerjakan Indonesia, dipaparkan Kementerian Sosial RI kepada para Menteri Sosial se-ASEAN melalui rapat virtual.

"Kami menyampaikan apa yang sudah kami lakukan maupun komitmen pemerintah Indonesia terutama kepada kelompok rentan," kata Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara di Jakarta, Rabu.

Jaring pengaman sosial, ujar dia, telah dilakukan pemerintah secara masif sejak Maret dan akan berlanjut hingga Desember 2020.

Komitmen negara untuk menjamin keselamatan atau perlindungan sosial juga dibuktikan dengan penambahan anggaran. Awalnya dana itu Rp110 triliun tetapi sekarang naik menjadi Rp203 triliun.

"Sebenarnya ada Rp267 triliun tapi sisanya merupakan cadangan dari total komitmen pemerintah di paket stimulus," ujar dia.

Baca juga: Mensos minta ASN Kemensos tetap produktif di fase normal baru

Dari paparan terkait jaring pengaman sosial yang telah dilakukan pemerintah kepada masyarakat di Tanah Air, Juliari mengaku perwakilan negara ASEAN memberikan sambutan positif dan berharap semua anggota organisasi itu bisa melewati pandemi COVID-19 dengan baik.

Ia mengatakan pertemuan Menteri-Menteri Sosial dan Pembangunan se-ASEAN tersebut lebih banyak membicarakan upaya mitigasi dampak dari COVID-19 terhadap kelompok rentan.

"Masing-masing negara memberikan catatan terutama kasus di negara mereka," kata dia.

Secara umum, upaya mitigasi pandemi global yang dilakukan oleh anggota yang tergabung di ASEAN sama saja, termasuk pula dengan Indonesia.

Terkait apakah ada pembahasan normal baru di pertemuan tersebut, politikus yang pernah menjabat anggota DPR RI dua periode tersebut, mengaku sama sekali tidak ada yang mengarah ke sana.

"Tidak ada, saya kira masing-masing anggota ASEAN sudah siap. Tadi lebih kepada upaya-upaya penanggulangan," ujarnya.

Baca juga: Terdampak pandemi, pekerja seni pun dapat bansos
Baca juga: Kemensos siap konsolidasi dengan kementerian lain terkait bansos
Baca juga: Kemensos nyatakan siap jika penyaluran bansos khusus diperpanjang

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Erick sebut ekonomi Indonesia lebih baik dari negara G20 dan ASEAN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar