E-Sport

Ponaryo: turnamen esports bakal kembalikan jiwa kompetisi pesepakbola

Ponaryo: turnamen esports bakal kembalikan jiwa kompetisi pesepakbola

Seorang pria memainkan game online PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) di Jakarta, Minggu (31/5/2020). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - General Manajer Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman menyebut turnamen Esports Superstar Battle yang bakal berlangsung pekan ini, diharapkan bakal mengembalikan jiwa kompetisi para pesepakbola setelah tak ada pertandingan akibat penangguhan kompetisi.

"Hadirnya turnamen esports bisa jadi hiburan psikis dan bisa menyalurkan rasa persaingan atau kompetisi mereka. Sebab para pemain bola pasti selalu dikelilingi sikap kompetisi," ujar Ponaryo saat mengelar konferensi pers virtual Esports Superstar Battle, Rabu.

APPI bersama Mahaka Sports telah menginisiasi kejuaraan yang bertajuk "Esports Superstars Battle #BintangBolaLawancovid19". Sebanyak 72 pemain Liga 1 dan Liga 2 bakal bertarung di arena Mobile Legends dan PlayerUnknown's BattleGrounds (PUBG Mobile).

Adapun para pemain bola profesional yang ikut serta dalam kejuaraan itu seperti Hamka Hamzah, Gian Zola, Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, Nadeo Argawinata, hingga Ricardo Salampessy.

Baca juga: 72 pemain Liga 1 duel di Mobile Legends dan PUBG Mobile

Baca juga: Juara di Baku, Russell ukir hattrick kemenangan di F1 esports


Ponaryo mengatakan para pemain yang ikut serta setidaknya bisa memberikan hiburan kepada masyarakat serta memperoleh pendapatan apabila berhasil menjuarai turnamen tersebut.

Adapun total hadiah yang disediakan penyelenggara sebesar Rp270 juta. Juara dari setiap arena gim berhak meraih Rp40 juta.

"Kalau untuk income, di awal sudah dijelaskan untuk pemenang Rp40 juta. Hadiah itu akan ada tingkatan-tingkatan, yang kalah pun dapat hadiah. Bisa dikatakan seluruh pemain yang ikut akan mendapatkan hadiah," kata dia.

Turnamen itu tak hanya memberikan hiburan serta pendapatan bagi para pemain, namun juga medium penggalangan donasi. Penonton atau masyarakat bisa menyalurkan donasi melalui akun yang akan disiapkan oleh pihak penyelenggara.

"Akan ada donasi untuk penanganan COVID-19, ini sebagai wujud nyata pesepakbola untuk negeri ini, setelah sebelumnya melalui lelang jersei. Ini juga sebagai komitmen dari Mahaka dan pemain untuk bisa tetap memberikan hiburan bagi masyarakat," kata dia.

Seluruh pertandingan akan dimulai pukul 17.00 WIB dan ditayangkan melalui platform Maxstream serta Youtube Revival TV. Kejuaraan gim ini akan mulai berlangsung setiap akhir pekan yang diawali Mobile Legends pada 13-14 Juni, sementara PUBG Mobile akan digelar pada 20-21 Juni.

Baca juga: Dua gamer Indonesia unjuk gigi di MotoGP eSport Global Series 2020

Baca juga: Ikon esports Jian "Uzi" Zihao pensiun akibat stres dan obesitas


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berolahraga di ruang publik, esensi atau eksistensi?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar