Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 Indonesia 2020.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu, kesiapan itu disampaikan pelaksana tugas Direktur Utama LIB Sudjarno dalam rapat koordinasi dengan para petinggi PSSI termasuk Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Selasa (9/6).

"PT LIB menyatakan kesiapan untuk kembali melanjutkan kompetisi. Poin-poin tentang jadwal kompetisi, protokol kesehatan juga telah dibuat dan dipaparkan kepada kami," ujar Yunus.

Baca juga: PSSI klaim semua klub sepakat Liga 1 dan 2 musim 2020 dilanjutkan

Sementara menurut Sudjarno, yang juga direktur operasional LIB, pihaknya telah melakukan kajian teknis terkait rencana kelanjutan kompetisi yang disesuaikan dengan perkembangan situasi di Tanah Air.

LIB, Sudjarno melanjutkan, juga sudah melakukan korespondensi dengan klub untuk meminta masukan, saran dan ulasan atas kompetisi yang sudah berjalan bulan Februari hingga Maret 2020.

"Berbagai langkah untuk persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI. Seperti akan adanya penyesuaian perubahan regulasi, serta beberapa home base klub jika sentralisasi di Pulau Jawa, serta akan menggelar manager meeting dan workshop untuk klub jelang dimulainya kompetisi. Tentu kami akan melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan dengan ketat," kata purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu.

Baca juga: PT LIB susun "timeline" rencana lanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020

Sudjarno menambahkan, LIB pun menjabarkan kepada PSSI soal garis waktu (timeline) Liga 1 seperti soal awal pelaksanaan sampai pekan terakhir dan jeda pertandingan timnas Indonesia di turnamen internasional.

Kemudian, LIB pun telah membuat skema untuk kompetisi Liga 2 dari babak penyisihan hingga final.

PSSI telah melontarkan rencana untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 musim 2020, yang diliburkan sejak Maret 2020 karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19), mulai September atau Oktober 2020.

Jika kembali bergulir, PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi menekan penyebaran COVID-19. Namun, secara resmi belum ada penetapan soal stadion lokasi laga.

PSSI masih akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membuat keputusan akhir soal liga termasuk teknis dan penjadwalan. Meski demikian, hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi mengenai kapan rapat itu dilaksanakan.

Baca juga: Stadion Utama GBK siap digunakan untuk lanjutkan liga
Baca juga: APSSI: perlu persiapan dua bulan sebelum Liga 1 dan 2 kembali bergulir

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020