Surabaya (ANTARA News) - Pertamina bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) menggelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN PTI) Tahun 2009.

OSN PTI yang kedua kalinya itu dipublikasikan dalam video conference bersama media dan 33 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, Selasa.

Untuk regional Jawa Timur, video conference dilakukan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Dalam video conference itu terungkap Pertamina menargetkan 10.000 mahasiswa sebagai peserta OSN PTI 2009, padahal tahun lalu hanya ditargetkan 2.000 peserta.

Selain target peserta yang besar, peserta untuk tahun ini tidak akan mendapatkan hadiah untuk para juara di tingkat provinsi.

Namun, Pertamina menyediakan beasiswa semester lima hingga semester sembilan sebagai hadiah OSN PTI 2009 tingkat regional.

Di tingkat nasional, hadiah yang akan diperoleh para juara berupa uang tunai dengan total lebih dari Rp2 miliar.

Selain itu, peserta OSN PTI 2009 pun diberi batasan minimal semester tiga dan bukan pemenang nasional OSN PTI 2008 serta Olimpiade Sains Internasional.

Untuk pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui www.osnpti.com sejak tanggal 5 September hingga 26 Oktober 2009.

Setelah itu, seleksi tingkat provinsi akan dilakukan pada 3 November 2009 secara serentak pada 33 perguruan tinggi seluruh Indonesia, termasuk ITS, yang telah ditunjuk oleh Pertamina.

Untuk kompetisi ini, Pembantu Dekan III FMIPA, Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKompm yakin ITS akan kembali mewakili Jawa Timur di tingkat nasional.

"Saat ini ada beberapa mahasiswa yang saya andalkan, dua mahasiswa dari (jurusan) Matematika, satu mahasiswa dari Kimia, dan dua mahasiswa lagi dari Fisika," katanya.

Menurut External Relation Pertamina Regional V, Eviyanti Rofraida, olimpiade itu hanya merupakan salah satu Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina di bidang pendidikan.

"Dengan menghabiskan dana Rp7 miliar, OSN PTI 2009 merupakan proyek yang bertujuan mencari anak bangsa yang potensial di berbagai wilayah di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, ITS sendiri pernah menerima proyek CSR Pertamina berupa pembangunan lapangan futsal indoor.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009