Emma Watson, Eddie Redmayne tanggapi tweet JK Rowling soal transgender

Emma Watson, Eddie Redmayne tanggapi tweet JK Rowling soal transgender

Aktris Emma Watson pada world premiere 'Little Women' yang dihelat di Museum of Modern Art, New York, AS, 7 Desember 2019. (ANTARA/Reuters/Cover Images/Julie Shea)

Jakarta (ANTARA) - Bintang "Harry Potter" Emma Watson dan "Fantastic Beasts" Eddie Redmayne akhirnya membuka suara mereka terkait tweet kontroversial penulis kedua buku tersebut, JK Rowling, mengenai transgender beberapa waktu lalu.

Watson, mengunggah pernyataan publik untuk mendukung komunitas transgender pada hari Rabu (10/6) waktu setempat, tanpa secara eksplisit merujuk pada sosok JK Rowling.

"Orang-orang trans adalah siapa yang mereka katakan, dan mereka layak menjalani kehidupannya tanpa terus-menerus ditanyai atau diberitahu bahwa mereka bukan siapa yang mereka katakan (atau percayai)," tulis Watson.

"Saya ingin pengikut trans saya tahu bahwa saya dan banyak orang di dunia melihat Anda, menghormati Anda, dan mencintai Anda apa adanya," lanjut pemeran Hermione Granger itu.
Baca juga: Rupert Grint bersiap nantikan kehadiran anak pertama

Baca juga: Disney siapkan serial prekuel "Beauty and the Beast"


Sementara, Eddie Redmayne, bintang dari waralaba “Fantastic Beasts”, berbicara menentang JK Rowling dan cuitan kontroversialnya.

"Rasa hormat terhadap orang transgender tetap merupakan keharusan budaya, dan selama bertahun-tahun saya telah berusaha untuk terus mendidik diri saya sendiri. Ini adalah proses yang berkelanjutan," kata Redmayne.

“Sebagai seseorang yang telah bekerja dengan JK Rowling dan anggota komunitas trans, saya ingin memperjelas posisi saya. Saya tidak setuju dengan komentar Jo. Wanita trans adalah wanita, pria trans adalah pria dan identitas non-biner adalah valid," lanjutnya.

Ia melanjutkan bahwa rekan-rekannya yang tergabung dalam komunitas transgender telah "muak" untuk ditanyai mengenai identitas mereka, yang terlalu sering mengakibatkan kekerasan dan pelecehan.

"Mereka hanya ingin menjalani hidup mereka dengan damai, dan inilah saatnya untuk membiarkan mereka melakukannya," ujar pemeran tokoh Newt Scamander itu.

Watson dan Redmayne bergabung dengan sesama bintang "Harry Potter" lainnya, Daniel Radcliffe, bersama dengan orang lain yang terlibat dalam waralaba dalam berdiri teguh bersama orang-orang transgender. Pernyataan Rowling baru-baru ini tentang identitas transgender telah memicu gelombang kontroversi secara online.

Baca juga: Generasi baru "Little Women" di tangan Greta Gerwig

Baca juga: Pemeran "Harry Potter" reuni jelang Natal

Baca juga: Mirip Justin Bieber, boneka Emma Watson bikin geger Internet


 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Serunya berwisata di sekolah sihir Harry Potter

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar