Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menargetkan peningkatan dana beasiswa untuk mahasiswa pada 2009 mencapai Rp40 miliar, atau naik dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp32 miliar.

"Tahun 2009 ini kami menargetkan beasiswa sebesar Rp40 miliar," kata Deputi Direktur Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati, di Depok, Rabu.

Devie Rahmawati mengatakan, status Universitas Indonesia yang telah berubah menjadi Badan Hukum semenjak tahun 2000, menjadikan kampus itu otonom. Otonomi tersebut tidak hanya dalam hal pengembangan akademik, namun juga pada pengelolaan keuangan.

Kondisi itu, kata dia, memberi ruang bagi Universitas Indonesia untuk berkembang dan memainkan peranan mendasar pada era masyarakat berbasis pengetahuan dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk industri.

Menurut Devie, UI sejak lama telah menyediakan kesempatan belajar bagi semua kalangan tanpa terkecuali. UI tidak hanya menjadi pelopor dalam mendesain program-program di mana para siswa-siswi di daerah yang terpencil dapat mengenyam pendidikan di UI tanpa harus bersaing dengan siswa/siswi dari kota besar, namun sekaligus satu-satunya universitas yang memiliki program pembiayaan pendidikan yang berkeadilan bagi para peserta didiknya.

Fakta yang ada pada tahun 2008 lalu, UI memberikan dukungan biaya pendidikan minimal Rp100.000 per semester kepada 56 mahasiswa, dua di antaranya berkuliah di Fakultas Kedokteran, yang telah lolos ujian masuk mandiri UI maupun ujian yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

"UI tidak pernah memiliki program khusus di mana peserta didik mengikuti ujian mandiri yang kemudian membayar lebih tinggi dari para mahasiswa yang lolos dari ujian yang diselenggarakan pemerintah," katanya.

Sebagai universitas tertua di Indonesia, menurut Devie, UI akan terus berkomitmen untuk mengawal negeri ini memberikan kontribusi yang luas terhadap peradaban dunia, dengan membina para peserta didik terbaik dari berbagai kalangan tanpa harus khawatir akan besaran biaya pendidikan.

Sementara itu, PT Sun Life Finansial Indonesia, Rabu (16/9) memberikan bantuan beasiswa kepada 12 mahasiswa UI. Beasiswa yang diberikan sebesar Rp3.750.000 per mahasiswa untuk periode dua semester.

Penyerahan beasiswa tersebut dihadiri oleh Presiden Direktur PT Sun Life Finansial Indonesia Cris Lossin dan Direktur Kemahasiswaan UI, Kamarudin. Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan di Ruang Rapat Lantai II , Gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009