Batang (ANTARA) - Rumah Sakit Qolbu Insan Mulia Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menginformasikan 13 dari 16 staf klinis positif virus corona jenis baru (COVID-19) kini dinyatakan sembuh, sedang tiga lainnya masih menunggu hasil tes usap.

"Alhamdulilah 13 orang dinyatakan sembuh. Adapun, tiga staf klinis yang kini masih menjalani perawatan di RS QIM masih menunggu hasil tes usap," kata Manajer Pelayanan Rumah Sakit QIM, Maftuhah Nurbeti di Batang, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 16 staf klinis RS QIM yang positif COVID-19 ini adalah berkategori orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: Kampus wajib terapkan protokol kesehatan ketat di masa normal baru

Para staf klinis ini, kata dia, semula hanya mengalami sakit flu dan batuk sehingga mereka dilakukan tes cepat dan menjalani karantina di RS QIM Batang.

Nurbeti mengatakan selama mereka menjalani perawatan telah dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti pemberian suplemen vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antivirus, dan makanan yang bergizi.

Selain itu, kata dia, pihak rumah sakit juga memberikan edukasi pada mereka untuk relaksasi pernafasan setiap pagi hari.

"Pasien staf klinis yang sudah dinyatakan sembuh COVID-19 ini, semuanya sudah melalui dua kali tes usap dengan hasil negatif," katanya.

Ia mengatakan staf klinis yang sudah dinyatakan sembuh COVID-19 ini tidak langsung bertugas kembali di rumah sakit tetapi harus menjalani karantina.

"Oleh karena itu, kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan takut berobat ke Rumah Sakit QIM karena semua karyawan sudah dinyatakan sembuh COVID-19," katanya.***3***

Baca juga: Empat warga Bangka Tengah dinyatakan sembuh dari COVID-19
Baca juga: Kemenag akan evaluasi pelaksanaan Shalat Jumat selama pandemi COVID-19
Baca juga: RSD Wisma Atlet catat 2.733 pasien sembuh

Pewarta: Kutnadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020