Jakarta (ANTARA) - Perumda Pasar Jaya Arief berkomitmen untuk menutup pasar selama tiga hari jika dalam rangkaian pengetesan COVID-19 ditemukan ada pedagang yang terkonfirmasi terpapar virus asal Wuhan (China) itu.

"Kita akan tutup selama tiga hari untuk kita semprot disinfektan dan sterilisasi," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin ​​dalam diskusi virtual bersama wartawan Balai Kota di Jakarta, Kamis.

Arief mengatakan, saat ini pemeriksaan tes cepat serta tes usap telah dilakukan di 19 pasar. Dari seluruh titik itu dipastikan 6 pasar ditutup selama tiga hari karena ditemukan kasus pedagang positif COVID-19 dengan total 52 orang pedagang.

"Jadi kita sudah konsultasi juga dengan ahli, kalau sehari itu tidak cukup ditutup. Jadi harus tiga hari ditutup. Dibersihkan, didisinfektan, baru bisa dibuka lagi," kata Arief.

Selanjutnya untuk 52 pedagang yang ditemukan positif COVID-19, Arief mengatakan, para pedagang itu sudah mendapatkan tindakan medis sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

"Pedagang yang positif kalau orang tanpa gejala (OTG), mereka menjalani isolasi mandiri, tapi kalau darurat mau ga mau harus dirawat di Rumah Sakit," kata Arief.

Baca juga: Jakpus koordinasi dengan Pasar Jaya terkait penutupan pasar
Baca juga: Pasar Jaya imbau pedagang dan pembeli taati protokol kesehatan


Selain menutup pasar selama tiga hari, dalam diskusi itu Arief menyampaikan akan menyediakan perlindungan tambahan bagi para pedagang berupa "face shield".

"Kita akan bekali para pedagang dengan 'face shield' sehingga pada saat melakukan pelayanan dipastikan tidak ada hambatan penyebaran COVID-19 sehingga jadi ada proteksi tambahan," kata Arief.

Dalam kurun waktu dua minggu terakhir ditemukan kasus-kasus positif COVID-19 di antara para pedagang usai pemerintah di wilayah kota gencar melakukan pengetesan COVID-19.

Terkonfirmasi oleh Pasar Jaya sebanyak 52 pedagang positif COVID-19 dan rata-rata merupakan OTG.

Beberapa pasar yang ditemukan kasus positif adalah Pasar Serdang Kemayoran, Pasar Klender dan Pasar Rawa Kerbau.

Meski demikian ada tiga pasar yang saat ini tidak ditemukan kasus positif usai mengikuti proses pengetesan COVID-19 yaitu Pasar Ciracas, Pasar Palmeriam dan Pasar Kelapa Gading.
Baca juga: Pasar Jaya: Penutupan pasar kewenangan gubernur
Baca juga: Polda Metro perbanyak petugas di pasar tradisional saat normal baru


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020